Bupati Berau Tegaskan Akan Tetap Pertahankan Dirut Perumda Batiwakkal

oleh -326 views
Bupati Berau, Sri Juniarsih, menggelar pers rilis terkait jawaban permintaan Pansus DPRD Berau untuk memberhentikan Direktur Perumda Batiwakkal, Kamis (20/1/2022) di ruang Rapat Kakaban Pemkab Berau. (foto istimewa)  

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Bupati Berau, Sri Juniarsih, akhirnya memberikan jawaban atas permintaan panitia khusus (Pansus) DPRD Berau soal Perumda Batiwakkal yang meminta Direkturnya yaitu Saipul Rahman, diberhentikan. Dalam pers rilis Kamis (20/1/2022) sore, Sri juniarsih mengatakan akan tetap mempertahankan Saipul Rahman. Surat keputusan ini pun telah disampaikan pada DPRD pagi tadi dan juga sudah ditandatangani oleh pihak terkait.

“Dalam surat DPRD dengan semua substansi masalahnya, dan setelah meminta pendapat dari berbagai sumber seperti tim otonomi daerah di Bidang Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri, perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur, BPK perwakilan Provinsi Kalimantan Timur, dan berbagai pihak yang berkompeten terkait dengan Pansus Perumda Batiwakkal ini, saya selaku Bupati Berau akan tetap mempertahankan Direktur Perumda Air Minum Batiwakkal Berau, saudara Saipul Rahman,” tegasnya saat membacakan rilis di hadapan awak media.

Dijelaskannya, ada beberapa hal yang mendasari keputusan tersebut yaitu, pemilihan Direktur PDAM sebagaimana pemilihan direktur Perusda yang lain adalah merupakan kewenangan kepala daerah, yang telah dilakukan melalui proses birokrasi dan teknokratif dengan penetapan panitia seleksi penetapan tim seleksi, yang terdiri dari akademisi birokrasi dan tenaga ahli yang bebas intervensi, sebelum akhirnya ditetapkan sebagai Direktur.

Kedua, selama memimpin PDAM, Saipul Rahman telah menyampaikan laporan keuangan dan laporan kinerjanya, serta telah diaudit atau audit keuangan oleh kantor akuntan publik. Juga audit kinerja oleh BPKP. Dan selama ini opini laporan keuangan wajar dan laporan kinerja hasilnya baik dan sehat.

“Kemudian berdasarkan pertimbangan perbandingan dengan direktur sebelumnya, serta mendengar pendapat masyarakat di forum RT, tokoh masyarakat, yang langsung datang menemui saya, kami mendapatkan kondisi bahwa kinerja Direktur Perumda Batiwakkal Berau yang sekarang masih lebih baik dari direktur sebelumnya. Berdasarkan pertimbangan tersebut, seperti yang kami sampaikan tadi maka kami menyampaikan permohonan maaf dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ketua, Wakil Ketua dan anggota DPRD yang terhormat atas segala kesungguhannya untuk memberikan masukan dan dukungan untuk pembangunan di Kabupaten Berau,” tambahnya.

Sri Juniarsih juga berharap tentunya dukungan ini akan terus berlanjut dan selalu menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, agar bisa bersama-sama mewujudkan kemajuan pembangunan Kabupaten Berau. Kejadian ini juga dikatakannya bisa menjadi pelajaran sehingga Perusda lainnya juga bisa melakukan hal sama yakni rapi dalam semua hal termasuk untuk laporan dan lainnya.

“Ada tiga perusahaan daerah yang kami miliki. Dan tentu mereka juga akan dievaluasi agar kinerja mereka juga akan dievaluasi agar mendapatkan hasil maksimal. Terkait pengawasan dari Pemkab Berau juga akan dikoordinasikan dengan tim teknis,” tutupnya. (RIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *