Kaltim Usulkan Tuan Rumah MTQ Nasional Tahun 2026

oleh -351 views
Wagub Kaltim Hadi Mulyadi. (dok Humas Pemprov Kaltim)

SAMARINDA.DIMENSINEWS.ID-


Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengusulkan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional pada tahun 2026.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi meminta usulan tersebut disampaikan Kantor Wilayah Kementerian Agama Kaltim kepada Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas.

“MTQ Nasional di Kaltim terakhir dilaksanakan pada 1976. Artinya, genap 50 tahun apabila dilaksanakan pada 2026. Itu usulan saya kepada Bapak Menteri Agama, mohon disampaikan,” tegas Wagub Kaltim Hadi Mulyadi disambut tepuk tangan undangan, ketika membuka Pendidikan dan Latihan UMKM kerjasama Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Provinsi Kaltim dengan Bankaltimtara, Baznas Kaltim dan DPW MES Kaltim, di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Selasa (15/2/2022)

Hadi bercerita saat pelaksanaan MTQ di Kaltim tersebut usianya beranjak delapan tahun. Menariknya, karena tidak ada hotel, seluruh kontingen kafilah dipondokan di rumah-rumah warga.

“Alhamdulillah ketika itu, juara umumnya Kaltim. Qori terbaiknya H Ali Yusni. Bahkan, Beliaui sudah menjadi qori internasional. Rasa bangga kita terhadap qori Kaltim,” ungkapnya.

Untuk MTQ Nasional tahun 2022 menurut orang nomor dua Benua Etam ini, biarlah di Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah. Kemudian, pada 2024 provinsi lainnya.

“Selanjutnya, ketika 2026 diharapkan Kaltim bisa menjadi tuan rumah MTQ Nasional,” pintanya. (ANT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *