Kunjungi Kampung Tenun, Dorong Promosi Digital Hingga Kerjasama Dengan Hotel

oleh -427 views
Ketua Dekranasda Berau Sri Aslinda Gamalis dalam kunjungannya ke pengrajin tenun. (dok Dekranasda Berau)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Berau, Sri Aslinda Gamalis mengunjungi beberapa kampung yang memiliki kerajinan tenun. Diantaranya adalah, Kampung Sukan, Sei Bedungun dan Sambaliung pada Rabu (16/2/2022).

Dalam lawatannya ke beberapa tempat, Aslinda mengatakan hal ini dilakukan terutama untuk mempererat silaturahmi antara Dekranasda Berau dengan pengrajin, terutama Dekranasda sebagai pendamping, pembina pengrajin di daerah.

“Mendapatkan beberapa masukan dan saran dari para pengrajin bagaimana langkah langkah kedepan dalam merumuskan kebijakan pengembangan dan pembinaan,” ujar Sri Aslinda.

Dirinya selain berkunjung juga memberikan motivasi dalam rangka meningkatkan mutu kerajinan dan keterampila. Ia juga menyarankan selain promosi secara offline juga bisa memanfaatkan platform digital untuk media publikasi.

“Selain itu, sekaligus mensosialisasikan menggunakan transaksi non tunai dan juga melalui aplikasi qris,” tambahnya.


Dirinya juga menerima beberapa keluhan, sehinga perlunya hotel atau homestay yang berada di Berau menyediakan room galery untuk memamerkan kerajinan batik hingga kerajinan tenun yang ada.

“Perlu kerjasama dengan pihak ketiga terutama pengelola hotel dan homestay untuk memberikan ruang pamer atau gallery hasil kerajinan,” jelasnya.

Yang tentunya ruang pamer ini sangat membantu untuk memperkenalkan produk tenun Berau, yang mulai dikembangkan oleh pengajin tenun di Kabupaten Berau.(ana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *