63 Cabor Dipertandingkan, Jumlah Nomor Tanding Ditetapkan di Musprov

oleh -386 views
Rapat koordinasi PB Porprov VII Kaltim bersama seluruh perwakilan pengurus provinsi cabang olahraga se-Kaltim di Samarinda, Rabu (16/2/2022). (Foto istimewa)

SAMARINDA.DIMENSINEWS – 

Sebanyak 63 Cabor dan 1.001 nomor yang akan dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Kaltim. Angka ini muncul setelah Panitia Besar (PB) Porprov melakukan rapat koordinasi bersama seluruh perwakilan pengurus provinsi cabang olahraga se-Kaltim di Samarinda, Rabu (16/2/2022).

Namun, dari jumlah nomor tanding itu masih menunggu tim Pengawasan dan Pengarah (Warsah) KONI Kaltim, yang memang tugasnya untuk menyaring nomor tanding mana saja yang acuannya dimainkan di PON, Porprov Kutim 2018, dan Olympic Game. Ketua II PB Porprov Kaltim, La Ode Ilyas mengatakan bahwa jumlah nomor tanding hasil penjaringan Warsah KONI Kaltim akan ditetapkan pada Musprov Kaltim.

Dari nomor pertandingan tersebut, sebanyak 4.076 medali dan 9.625 keping medali yang dikalungkan untuk total 63 Cabor yang dipertandingkan. 

“Dari nomor tanding yang ditetapkan oleh tim Warsah ini sifatnya juga belum final. Kemungkinan besar terjadi perubahan lagi dari jumlah 1.001 itu. Karena beberapa pengprov cabor masih diberi kesempatan untuk mengklarifikasi masing- masing nomor tandingnya,” jelas Ketua II PB Porprov Kaltim, La Ode Ilyas.

Selanjutnya, ketetapan akhir jumlah nomor tanding tersebut akan disampaikan dan sekaligus resmi disahkan pada Musyawarah Provinsi (Musprov) KONI Kaltim pada 22 Februari 2022 di Samarinda. Ini juga menunggu kepastian Pengprov Cabor hingga Jumat (18/2/2022), jika ada perubahan nomor tanding masing-masing.

La Ode juga menyebutkan, tuan rumah pelaksana sudah berkomitmen bahwa Porprov tetap dilaksanakan pada November 2022. Dia juga memastikan dari 63 cabor itu, 60 cabor bakal ditandingkan di Kabupaten Berau, sedangkan 3 cabor lainnya ditandingkan di luar Berau.

“Adapun sarana penunjang Porprov sudah tidak masalah. Meskipun ada beberapa hal yang masih harus dibenahi. Saya juga menyampaikan pesan dari ketua umum PB Porprov yang juga Bupati Berau, bahwa ajang Porprov dapat dijadikan wadah silaturahmi, dan peningkatan prestasi serta menjadi ajang rekreasi di Berau,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya, menyampaikan Rakor Porprov ini fungsinya cukup strategis. Dengan harapan apa yang belum disepakati bisa menjadi titik temu. Sehingga, melalui momen ini juga dapat menjadi kesepakatan bersama dan tuntas. Karena kesuksesan Porprov ini tidak serta merta menjadi tanggung jawab tuan rumah saja, melainkan tanggung jawab bersama.

“Jika nanti semua tuntas, seperti jumlah cabor dan nomor tanding, baru kemudian dikeluarkan tahapan-tahapan. Yang harus dipastikan juga adalah, mutasi atlet, termasuk entri by name dan entry by number,” jelas Zuhdi.

Pada kesempatan itu juga, Ketua KONI Berau Al Hamid berharap proses menuju pelaksanaan Porprov Kaltim di Berau bisa berjalan sesuai rencana. Apalagi sudah disepakati bahwa Porprov Kaltim tetap dihelat tahun ini juga. Bahkan Pemkab Berau pun mendukung penuh pelaksanaan event tersebut.

“Mari sama-sama sukseskan Porprov ini. Tahapan demi tahapan jelang pelaksanaan juga terus dikebut. Agenda terdekat ada Musprov KONI Kaltim, dimana salah satu pembahasannya yakni penetapan nomor tanding,” tutup Al Hamid. (RIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *