Pelatihan Integritas Pegawai PDAM Batiwakkal untuk Hindari Penyimpangan Kerja

oleh -422 views
Perumdam Batiwakkal gelar pelatihan peningkatan tata kelola perusahaan dan integritas pegawai, di Ruang Frankfurt Zurich Hotel Bumi Segah, Kamis (17/2/2022). (foto dok Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Agar tidak terjadi penyimpangan dalam sistem kerja serta peningkatan kualitas SDM para pegawainya, Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) atau PDAM Batiwakkal Berau memberikan pelatihan peningkatan tata kelola perusahaan dan integritas pegawai.

Pentingnya integritas adalah menciptakan budaya perusahaan yang etis melalui pengembangan prinsip-prinsip kerja dari kekuatan integritas itu sendiri. Dan akan menjadikan perusahaan berkontribusi secara kuat di kehidupan yang bersih dan jauh dari perilaku bisnis yang koruptif. Integritas dalam bekerja perlu ditunjukkan melalui nilai-nilai budaya organisasi, kepribadian tiap individu, tata laku, dan prosedur kerja.

Mendatangkan narasumber alumni KPK dan Inisiator Pembangunan Budaya Integritas, Ryan Herviansyah Utama, pelatihan digelar selama sehari yakni Kamis (17/2/2022) di Ruang Frankfurt Zurich Hotel Bumi Segah. Pelatihan ini juga dihadiri Dewan Pengawas (Dewas) Perumdam Batiwakkal yang juga Sekretaris Daerah Berau, M.Gazali.

“Ini sebagai bagian dari mempersiapkan SDM berkualitas, membangun dan menyempurnakan sistem kerja dan budaya kerja yang positif. Sehingga PDAM Batiwakkal bisa menjadi perusahaan yang mempunyai tata kelola yang baik. Karena kalau perusahaan ini baik maka manfaatnya juga akan dirasakan masyarakat,” terang Direktur Perumdam Batiwakkal, Saipul Rahman, ditemui di sela-sela pelatihan.

Sebagai narasumber, Ryan Herviansyah juga mengakui jika menemukan banyak hal yang perlu dioptimalkan terkait dengan perbaikan tata kelola pemerintahan. Dimana ada tiga konsep budaya integritas yakni nilai-nilai perusahaan yang harus dikuatkan, dan hal itu diimplementasikan di SDMnya. Kedua, perihal sistem organisasi tentang penerapan SOP yang bagus serta transparansi keuangan. Dan ketiga, yakni membangun sistem kepemimpinan.

“Jadi laporan keuangan harus bagus. karena hal tersebut selalu dicek oleh Pemda dan BPK. Kalau perihal sistem kepemimpinan, memang harus dibangun. Karena menyiapkan SDM yang mempunyai faktor leadership yang kuat. Transformasi perubahan itu dibutuhkan orang yang visioner dan mempunyai rencana strategis kedepan seperti apa. Jadi, tiga hal yang diatas itu berkaitan agar terciptanya tata kelola pemerintahan yang sangat bagus,” papar Ryan.

M. Ghazali yang hadir sebagai Dewas, menyampaikan bahwa ia sangat mendukung gelaran pelatihan ini karena merupakan salah satu upaya meningkatkan kinerja. Sehingga nantinya pegawai PDAM Batiwakkal ini dapat terus mawas diri dalam menjalankan tugasnya yaitu bekerja dengan baik, tulus dan ikhlas.

“Membentuk karyawan profesional dan jujur dengan pelatihan ini sehingga perusahaan mendapatkan hasil yang maksimal, dan berdampak pada perolehan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Timbal baliknya nanti, karena mereka para pegawai ini telah mendapatkan hasil dari perusahaan, maka ia harus bekerja dengan jujur untuk melayani masyarakat semaksimal mungkin,” tegas Gazali. (RIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *