Tambah 1,3 Km untuk Jalan Teluk Sumbang

oleh -380 views
Teluk Sumbang. (Foto dok DPUPR Berau)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS-

Peningkatan jalan menuju Kampung Teluk Sumbang di Kecamatan Bidukbiduk akan kembali dilanjutkan tahun 2022 ini.

Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), Jimmy Arwi Siregar mengatakan, untuk lanjutan peningkatan jalan itu sudah dianggarkan senilai Rp 6,9 miliar yang bersumber dari DAK reguler.

“Itu untuk penanganani sepanjang 1,3 kilometer. Jadi, itu melanjutkan pekerjaan yang dilakukan tahun 2021 lalu,” ungkapnya.

Dikatakannya, untuk mempercepat pembangunan jalan menuju Teluk Sumbang, pihaknya juga mengusulkan sumber dananya dari bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Kalimantan Timur. Hanya, sampai saat ini kata dia, pihaknya masih belum mendapatkan informasi apapun mengenai usulan itu.

“Belum ada kabar, apakah itu terakomodir atau tidak. Harapannya, bisa terakomodir lah, sehingga kita bisa tambah lagi panjangnya,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Jimmy, peningkatan jalan dari Teluk Sulaiman menuju Kampung Teluk Sumbang mulai dilakukan sejak tahun 2019. Adapun panjang jalan tersebut mencapai 31,5 km. Sementara yang sudah ditingkatkan atau yang sudah diaspal sudah sepanjang 12,1 km dengan lebar jalan 6 meter.

“Sementara panjang jalan yang akan dilakukan peningkatan sampai Kampung Teluk Sumbang, kurang lebih 19 km lagi,” jelasnya.

Kendati belum semua dilakukan pengaspalan, untuk kegiatan lalu lintas di masyarakat di jalan tersebut diakuinya sudah sangat nyaman dan tidak lagi berbahaya. Pasalnya, permukaan jalan yang belum diaspal sudah dirapikan secara keseluruhan.
Bahkan, gunung-gunung yang curam juga sudah dipangkas, serta tikungan tajam ataupun jalan yang terlalu dekat dengan jurang juga sudah dilakukan penanganan, untuk mengurangi potensi terjadinya kecelakaan.

“Jadi tidak ada lagi sekarang gunung yang tinggi, tikungan tajam, jurang yang dekat dengan jalan. Memang, tuntasnya pembangunan jalan ini ketika semua sudah dilakukan pengaspalan sampai ke Teluk Sumbang,” tutupnya (ana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *