Dorong Kemandirian, Desa Teluk Muda Dibantu Sapi 12 Ekor

oleh -371 views
Anggota DPRD Kaltim H.Akhmed Reza Fahlevi meninjau peternakan sapi di Desa Teluk Muda, Kenohan Kukar. (foto istimewa)

KENOHAN.DIMENSINEWS –

Mendorong kemandirian kelompok ternak di Desa Teluk Muda, Kecamatan Kenohan, Kutai Kartanegara, anggota DPRD Kaltim H Akhmed Reza Fachlevi S.Sos merealisasikan dukungan ternak sapi untuk desa ini.

Wakil rakyat dari Fraksi Partai Gerindra itu menyebutkan, bantuan ternak sapi itu merupakan hasil pokok pikiran atau serapan aspirasi yang disampaikan masyarakat sebelumnya.

“Alhamdulillah, sapi yang diharapkan masyarakat benar-benar terwujud,” sebut Reza, di sela meninjau ternak sapi tersebut di Desa Teluk Muda, Sabtu (26/2) tadi.

Bantuan sapi itu merupakan hasil pokok pikiran dalam reses tahun sebelumnya, dan terealisasi akhir 2021 tadi.

Tidak mudah untuk mencapai desa ini. Perjalanan dari Samarinda harus memakan waktu lebih dari 3 jam. Selain itu, masih harus menyeberangi Sungai Mahakam dengan kapal feri kayu, untuk sampai di desa ini.

Sementara, sapi sebanyak 12 ekor itu dilepas di sekitar perkebunan kelapa sawit di ujung desa. Masih harus naik perahu ces atau perahu ketinting untuk menuju lokasi sapi dipelihara. Kepala Desa Teluk Muda, Aladin, yang mengemudikan perahu dan mengantarkan Reza ke lokasi ternak ini.

Sapi sengaja diternak agak jauh dari permukiman agar tidak mengganggu warga, juga untuk memudahkan kesediaan makanan bagi ternak.

“Sapinya ngga perlu diikat ya? Dibiarkan lepas begini?” tanya Reza begitu sampai di lokasi ternak sapi. Kepala Desa Teluk Muda, Aladin menjelaskan, meski dibiarkan lepas di areal perkebunan sawit, namun ada pagar yang dibuat agar sapi tidak terlalu jauh.

“Kalau sore, sapinya pulang sendiri ke kandang,” sebut Aladin menunjukkan lokasi kandang yang dimaksud. Untuk pakan sapi, sangat tersedia. Rumput dan tanaman liar di sekitar perkebunan itu menjadi makanan bagi sapi dan akan selalu tersedia.

Aladin, berharap, sapi yang dipelihara warga melalui kelompok ternak ini terus bertambah, sehingga membantu meningkatkan pendapatan.

“Mudah-mudahan, bantuan ternak ini juga bisa ditambah lagi, karena lahan untuk ternak sapi di desa ini masih luas,” harapnya. (nji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *