Tingkatkan Kompetensi Pejuang Sigap Melalui AKS

oleh -380 views

TANJUNG REDEB DIMENSINEWS– Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas kembali melaunching Akademi Kampung Sigap (AKS) gelombang kedua untuk pejuang sigap dari 26 kampung yang berlangsung di Balai Mufakat Tanjung Redeb, Rabu (23/3/2022). AKS merupakan wadah pendidikan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan kompetensi pejuang sigap sebagai pendamping pemerintah dan masyarakat Kampung. Program AKS merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Berau dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) dan Sanggar Inovasi Desa.

Seperti yang dirilis Humas Pemkab Bera, Bupati Sri Juniarsih Mas mengungkapkan peran penting sigap sebagai anak muda yang didorong untuk berperan aktif membantu pemerintah kampung serta pemberdayaan masyarakat. Menggali potensi dan mampu mengolah dan memanfaatkan potensi tersebut sebagai penggerak ekonomi dan sumber peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Berau ini sangat kaya dengan berbagai potensi di setiap kampung, ini harus kita maksimalkan dan sigap memiliki peran bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakay kampung untuk mengoptimalkan ini,” tegasnya.

Menjadi salah satu program utama Pemkab Berau, Pejuang Sigap ditegaskan Sri Juniarsih harus mampu meningkatkan kompetensinya. Untuk itu melalui akademi kampung sigap dengan menghadirkan Kepala Desa Panggung Harjo dari Jogjakarta diharapkan menjadi wadah bagi pejuang sigap untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam membangun desa. “Sigap harus bisa membangun hubungan yang baik, bekerjasama dengan pemerintah kampung dan semua stakeholder,” ucapnya.

Melalui peran sigap diharapkan Sri Juniarsih, tata kelola pemerintahan di setiap kampung akan semakin baik. Termasuk mengoptimalkan keberadaan badan usaha milik kampung (BUMK) yang mampu meningkatkan sumber pendapatan asli kampung dan juga peningkatan kesejahteraan masyarakat. “Saya sangat gembira banyak kampung yang semakin maju dan mandiri, termasuk keberadaan BUMKnya. Ini harus terus didorong agar masyarakat di kampung semakin sejahtera,” tandasnya. (ana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *