Hadiri Wisuda Stiper, Gamalis: Harus Siap Hadapi Tantangan

oleh -372 views

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS – Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (Stiper) Tanjung Redeb, menggelar Wisuda Sarjana VI program Strata 1 (S1) tahun 2022, Program Studi Agroteknologi dan Agribisnis.

Kegiatan digelar Rabu (30/3/2022) di Hotel Bumi Segah, juga dihadiri Wakil Bupati Berau, Gamalis.

Dalam sambutannya, Gamalis menyampaikan harapannya agar seluruh wisudawan bisa segera beradaptasi dengan lingkungan dunia kerja, sebab tantangan dalam dunia kerja saat ini dikatakannya cukup berat.

Salah satu tantangan bagi para wisudawan saat ini, dikatakan Gamalis ialah kemajuan teknologi yang semakin menuntut pencari kerja untuk memiliki kemampuan lebih luas dan upgrade.

“Tinggi jenjang pendidikan bukan menjadi jaminan untuk dapat pekerjaan. Terus belajar dan kembangkan skill. Jadilah sosok yang kreatif agar siap menghadapi tantangan dalam dunia pekerjaan,” ujarnya.

Lewat gelaran wisuda tersebut, Gamalis juga mengingatkan pentingnya pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup melimpah di Kabupaten Berau, juga didukung keterampilan dari Sumber Daya Manusia (SDM), salah satunya dengan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang sepadan.

“Harapan kami, semakin banyak yang ikut andil dalam membangun daerah dengan menciptakan sarjana yang siap bersaing dalam dunia kerja,” ucapnya.

Saat ini Pendapatan Daerah Regional Bruto (PDRB) Berau masih didominasi sektor pertambangan. Padahal menurutnya, banyak sektor-sektor potensial bisa dikelola dan dimaksimalkan dalam meningkatkan pendapatan daerah, tentunya diimbangi dengan SDM yang andal.

“Meski demikian, dalam mewujudkan hal itu juga perlu ada terobosan-terobosan, salah satunya penguatan dari dunia pendidikan yang dapat menghasilkan SDM andal dan memiliki pengetahuan yang mampu bersaing dengan negara luar. Meskipun perlu waktu cukup lama hingga akhirnya bisa sampai pada tahap itu, tapi upaya tersebut harus dimulai sejak sekarang,” ungkapnya.

Selain itu, Gamalis juga menyebut dunia pendidikan sebagai salah satu fokus yang harus dibenahi.

“Sejauh ini pemerintah daerah memberikan perhatian lebih dalam peningkatan dunia pendidikan,” pungkasnya.

Sementara itu, wisudawan terbaik, Radian Noor, mengatakan dirinya bangga menjadi lulusan Stiper Berau. Ia berharap ilmu yang didapatnya mampu diterapkan di dalam kehidupan bermasyarakat.

“Ilmu yang saya dapat dari Stiper, saya harap dapat bermanfaat bagi diri saya dan lingkungan sekitar saya,” tutupnya. (mrt/ef)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *