Durasi Ideal untuk Berolahraga saat Puasa

oleh -109 views
Ilustrasi berolahraga saat bulan Ramadan

MENJAGA kesehatan dan ketahanan fisik selama berpuasa bukan hanya dilakukan dengan mencukupi asupan gizi dan nutrisi dari makanan saja. Kamu juga tetap perlu rutin berolahraga selama bulan puasa. Lantas, berapa lama durasi ideal melakukan olahraga saat puasa?

Durasi Ideal Olahraga saat Puasa

Puasa bisa membersihkan tubuh dari racun berlebih yang telah terakumulasi dari lingkungan dan makanan. Puasa juga menjadi salah satu metode paling sehat untuk mengontrol nafsu makan dan mengembalikan bentuk tubuh ke berat ideal.

Kombinasi puasa dan olahraga akan membuat berat badan menjadi lebih ideal dan stabil. Sedangkan terkait dengan durasi ideal olahraga saat puasa, tidak ada kesepakatan minimal dan maksimalnya, selama tidak mengganggu daya tahan tubuh.

Durasi yang disarankan selama 30-45 menit, tetapi dengan catatan tetap memperhatikan kondisi ketahanan tubuh secara keseluruhan. Berkaitan dengan kapan pelaksanaan olahraga saat puasa, berikut ini waktu yang disarankan:

1. Pagi Hari Setelah Sahur

Keuntungannya, yaitu kamu memiliki lebih banyak energi setelah makan sahur dan sebelum melakukan banyak aktivitas. Kekurangannya, yaitu kamu berisiko mengalami dehidrasi karena seharian tidak akan mendapat asupan cairan yang cukup untuk beraktivitas.

2. Sore Hari Sebelum Berbuka

Keuntungan kamu hanya menunggu sedikit waktu untuk berbuka dan bisa mengonsumsi banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi setelah berbuka. Kekurangannya, yaitu tubuh kekurangan energi karena bahan bakar dari makanan saat sahur sudah digunakan untuk beraktivitas seharian.

3. Setelah Berbuka

Keuntungan kamu mendapatkan waktu yang sangat ideal karena tubuh telah mengisi bahan bakar sebelum berolahraga. Kekurangannya, yaitu kamu perlu memperhatikan waktu olahraga dengan jam tidur. Hindari berolahraga 1-2 jam sebelum tidur agar memiliki kualitas istirahat yang baik.

Tips Olahraga saat Puasa

Kamu disarankan untuk memilih waktu berolahraga yang nyaman dan tidak mengganggu aktivitas harian. Namun, sebaiknya memang olahraga dilakukan beberapa saat sebelum atau setelah berbuka. Di waktu ini, kamu tidak akan begitu merasa lemas karena tubuh segera mendapatkan energi pengganti.

Selain itu, berikut ini beberapa tips olahraga saat puasa lainnya:

1. Perhatikan Kondisi Tubuh

Kamu wajib memperhatikan kondisi tubuh sebelum melakukan olahraga. Apakah tubuh terasa fit dan segar untuk diajak mengolah fisik, atau justru badan sedang terasa lemas. Jika lemas, sebaiknya jangan dipaksakan.

2. Perhatikan Pola Makan dan Minum

Selanjutnya perhatikan pola makan dan minum. Pastikan hindari gorengan dan mengonsumsi makanan sehat saat berbuka. Jika tidak mengatur pola makan, latihan fisik yang kamu jalani selama puasa bisa saja sia-sia dan tidak bermanfaat. Jadi, pastikan tubuh mendapatkan asupan makanan bergizi.

3. Perhatikan Jenis Latihan

Perhatikan jenis latihan atau olahraga yang dilakukan. Disarankan untuk memilih latihan yang tidak terlalu menguras energi jika kamu berolahraga sebelum berbuka puasa. Beberapa jenis latihan yang bisa dilakukan, seperti yoga, bersepeda, atau renang.

4. Cukupi Waktu Tidur

Agar badan tetap sehat saat berolahraga, kamu perlu mencukupi waktu tidur. Pastikan tidur selama 8 jam setiap hari. Jika tidak, tubuh akan terasa lemas saat beraktivitas. Apalagi seharian tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan cairan yang dibutuhkan.

Nah, itulah durasi dan beberapa tips olahraga saat puasa. Ingat, tidak ada kesepakatan minimal dan maksimal waktu berolahraga. Jadi, kamu bisa menyesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing. Jika mengalami kendala, silahkan periksakan diri di rumah sakit terdekat untuk melakukan penanganan. (halodoc/mrt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *