Packaging Bagus, Rasa Oke !!! Orang Akan Membeli Produk

oleh -578 views
Bupati Berau Sri Juniarsih Mas secara simbolis menyerahkan bantuan alat pengolahan ikan kepada pelaku usaha olahan ikan didampingi Kepala Dinas Perikanan, Camat Tanjung Redeb dan Lurah Karang Ambon. (Foto Helda Dimensinews)

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS- Ketika ingin terus menerus dan berkesinambungan mengelola usaha kuliner menjadi usaha keluarga, yang pertama adalah packaging alias pengemasan.

Pengemasan adalah hal yang sangat berpengaruh luar biasa terhadap suatu produk yang akan dipasarkan.

Contohnya, meski dari segi rasa biasa saja, tetapi jika pengemasan dibuat menarik, tentu akan menarik konsumen untuk membelinya. Terlebih lagi kalau rasanya pun enak.

“Packaging bagus , rasa oke, orang pasti akan berebut untuk membeli produk kita,” kata Bupati Berau Berau, Sri Juniarsih Mas, usai melakukan penyerahan bantuan hibah alat pengolahan ikan kepada pengusaha produk olahan ikan, di dampingi Kadis Perikanan Tentrem Rahayu, Camat Tanjung Redeb Anang Ardiansyah, Lurah Karang Ambun Arif Mulyono, Senin (11/4/2022).

Disebutkan Sri Juniarsih, melalui Dinas Perikanan, pelaku usaha dapat mencontoh pengemasan produk dari perusahaan yang telah berhasil mengelola produknya dengan pengemasan dan rasa yang menjual.

“Harus terus dikembangkan dan kalau bisa belajar dari produk yang sudah berhasil. Agar ibu-ibu sebagai pelaku usaha terus termotivasi dan memperbaiki apa saja yang masih kurang dalam produknya. Misal dari segi pengemasan atau rasa. Kami sebagai pemerintah daerah berkomitmen untuk membina UMKM yang ada di Kabupaten Berau,” ujarnya.

Selain itu, Sri Juniarsih juga meminta kepada pelaku usaha yang sudah memiliki standar pengemasan dan rasa yang baik, agar terus dipertahankan dan memperluas promosi dengan memanfaatkan media sosial.

“Jangan mau ketinggalan untuk memasarkan produk-produknya. Karena itu lambat laun akan terus berkembang dan mendongkrak ekonomi. Seperti Amplang Rahmad contohnya, itu sudah sampai ke Jawa. Juga amplang Fafa. Pengemasan dalam bentuk kotak yang lebih menarik juga bisa digunakan kalau mau dimasukkan ke supermarket. Dan kalau bisa juga harus memiliki alat vakum dan freezer, sehingga produk bisa bertahan lebih lama. Selain peralatan itu, tentunya juga harus memiliki PIRT terdaftar di BPOM, ”paparnya.

Sri Juniarsih menambahkan, jika ingin pelaku usaha ingin terus eksis, minimal harus punya karyawan untuk membantu produksi.

Hal itu, dikatakan Sri Juniarsih, akan sejalan dengan visi misi daerah yaitu meningatkan ekonomi mayarakat dengan optimalisasi sektor hilir SDA dan pertanian dalam arti luas yang berbasis kerakyatan.

Pemkab Berau menyerahkan bantuan unit alat pengolahan ikan kepada pelaku usaha kuliner di wilayah kelurahan Karang Ambun sejumlah 13 buah food prosesor, dan 2 buah Mixer untuk pelaku usaha kuliner olahan ikan di wilayah kampung Buyung Buyung. (ana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *