Edukasi Zakat Infaq dan Sedekah di Pesantren Ramadan SLB Negeri Tanjung Redeb

oleh -769 views
Gerai zakat yang diadakan Baznas di SLB Negeri Tanjung Redeb mendapat respon positif dari para wali murid. (Foto Helda Mildiana).

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS- Pesantren Ramadan yang digelar Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Tanjung Redeb di Jalan Durian II, Kamis pagi (14/4/2022) menghadirkan Baznas, untuk mensosialisasikan sekaligus mengedukasi terkait zakat infaq dan sedekah.

Dalam kegiatan tersebut hadir Ketua Baznas Berau, H Busransyah dan wakil Ketua IV, Maria Yosephi, beserta Singgih Mahardhika selaku staf pelaksana bidang pengumpulan Zakat.

Busransyah berbagi cerita mengenai Baznas sebagai lembaga yang mengelola zakat secara nasional, bertugas mengumpulkan , mendistribusikan dan pendayagunaan zakat berdasarkan undang undang pengelolaan zakat Nomor 23 tahun 2011.

Selain itu, Baznas juga berbagi motivasi dan keceriaan yang dipandu oleh Maria Yosephi untuk anak anak SLB yang hadir didampingi masing masing orang tuanya. Sedangkan Singgih lebih rinci mengenalkan apa itu zakat infaq dan sedekah.

Di Hari terakhir pesantren Ramadhlan itu, Baznas juga membuka gerai di SLB , bagi orang tua siswa yang ingin menyalurkan zakat infaq atau sedekah. Hal itupun disambut baik dengan banyaknya wali murid yang ikut berpartisipasi membayar zakat infaq maupun sedekah melalui gerai tersebut.

“Saya mau bayar sedekah melalui Baznas,” tutur Junaidah, orang tua siswa SLB, yang hadir mendampingi anaknya dalam pesantren Ramadhan SLB.

Sementara Kepala Sekolah SLB Negeri Tanjung Redeb, Masluhi menyebutkan, bahwa Pesantren Ramadan SLB digelar setiap tahun. Jumlah siswa SLB 162 terdiri dari tingkatan TK, SD, SMP, SMA dan Ketunaan.

Dikatakannya, ini merupakan kali pertama mendatangkan Baznas sebagai pemateri. Yang mana diberikan pengetahuan mengenai Baznas selaku pengelola zakat secara nasional.

Sedangkan Wakil Ketua IV Maria Yosephi memberikan apresiasinya kepada SLB , bukan hanya sosialisasi, tetapi langsung membayar zakat di tempat dan diharapkan kegiatan seperti ini bisa di contoh sekolah-sekolah lainnya di Kabupaten Berau, salah satunya untuk memberikan edukasi dan menanamkan rasa peduli dengan berzakat Infaq dan sedekah sejak dini. (ana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *