Menko PMK Tekankan Taat Protkes Saat Mudik Agar Tak Bawa ‘Oleh-oleh’ Covid-19

oleh -345 views
Menko PMK, Muhadjir Effendy (Foto Istimewa).

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS- Menteri Koordinasi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan serta vaksinasi jelang Lebaran Idulfitri 2022.

Menurutnya, hal-hal tersebut diperlukan demi mencegah peningkatan kasus Covid-19 usai pemerintah mengizinkan masyarakat mudik lebaran 2022.

“Agar ketika berangkat ke daerah tujuan kondisi betul-betul sehat dari Covid-19 dan tidak datang membawa ‘oleh-oleh’ Covid-19,” ujar Muhadjir Effendy usai rapat koordinasi lintas sektor terkait persiapan Mudik Lebaran 2022 di Mabes Polri beberapa waktu lalu.

Menurutnya, pemerintah melakukan berbagai persiapan untuk pelaksanaan mudik Lebaran 2022 agar berjalan aman, lancar dan sehat, termasuk ketersedian bahan bakar minyak (BBM), gas elpiji, dan kebutuhan pokok.

“Sehingga mudik tahun ini sesuai dengan maksud yaitu mendapat kegembiraan bertemu sanak saudara dan kembali dengan selamat,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyatakan pemerintah memperbolehkan masyarakat kembali mudik karena kasus melandai. Dia tak ingin mudik justru memicu penyebaran Covid-19 kembali terjadi.

Jokowi menyebut mudik Lebaran Idulfitri ini akan diikuti 80 juta orang. Di Pulau Jawa, para pemudik akan menggunakan 23 juta mobil pribadi dan 17 juta sepeda motor.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berjanji pemerintah akan memfasilitasi mudik sebaik-baiknya. Dia berkata pemerintah menjamin keselamatan masyarakat.(sumber : cnnindonesia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *