Berbagi Takjil, Mempertahankan Kerukunan Umat Beragama

oleh -545 views
Foto bersama antar umat beragama usai berbagi takjil di simpang 4 Jalan Jendral Sudirman.

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Berau membagikan takjil kurang lebih 1.330 kotak kepada beberapa Pondok Pesantren, Panti Asuhan serta pengendara yang melintas di Jalan Jendral Sudirman, Minggu sore (17/4/2022).

Kegiatan sosial itu dilakukan bersama Forum dibawah asuhan FKUB yang meliputi Perempuan Lintas Agama (PERLITA), Pemuda Lintas Agama (PELITA), TIM Reaksi Cepat (TRC) FKUB dan Para Pimpinan Majelis 6 agama.

Kegiatan tersebut mengusung tema ‘Merajut Kebersamaan Ditengah Perbedaan, dalam Membangun Kerukunan Umat Beragama Menuju Berau Sejahtera Lahir dan Batin’.

Ketua FKUB Berau, Datu Kesuma mengatakan kegiatan tersebut dapat terselenggara atas kerjasama dari Forum-Forum dibawah FKUB Berau, serta Tim TRC dan Majelis 6 agama.

“Ini bukan kali pertama FKUB melaksanakan kegiatan seperti ini, dari tahun 2020 sejak mulai pandemi covid-19, FKUB sudah memulainya, tepatnya saat masa kepemimpinan Alm H Busairi. dan di tahun 2022 ini saat masa kepemimpinan awal saya. Kita akan lestarikan program ini sebagai gambaran bahwa Berau adalah daerah yang sangat harmonis khususnya dalam hal kerukunan umat beragama” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris FKUB Berau, Rachmad Hidayat menyebut Hasil Rakornas FKUB se-Indonesia bersama Kemendagri dan Kemenag di bulan Desember 2021, menyampaikan beberapa Provinsi/Kota/Kabupaten yang masih tergolong zona hijau.

“Artinya bukan tidak pernah ada konflik di daerah tersebut, tapi apabila ada konflik, FKUB, Pemda, aparat serta tokoh agama dan masyarakatnya bisa dengan cepat menyelesaikan masalah atau konflik tersebut. Salah satu Kabupaten yang masuk daftar zona hijau adalah Kabupaten Berau. Alhamdulillah kita bisa mempertahankan predikat zona hijau kerukunan selama 12 tahun ini. Saya selaku Sekretaris FKUB Berau dan juga analis pada Bidang Kerukunan Umat Beragama & Ortala Kantor Kemenag Berau, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh tokoh 6 agama dan tokoh masyarakat se-Kabupaten Berau karena telah membantu pemerintah dan FKUB dalam mewujudkan kerukunan umat beragama di Bumi Batiwakkal yang kita cintai,” ucapnya.

“Semoga dengan kita tetap menjaga kerukunan dan situasi kondusif, Berau semakin maju dan dilirik sebagai salah satu daerah tujuan wisata favorit karena menjamin ketenangan dan kenyamanan dalam berinvestasi” sambungnya. (ana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *