Gedung TK Annisa V Bebanir Bangun, Realisasi Program PPM Berau Coal

oleh -491 views
Suasana belajar mengajar di salah satu ruang kelas TK Annisa V Bebanir Bangun, Sambaliung. (foto istimewa)

SAMBALIUNG.DIMENSINEWS – 

Berdiri sejak 2004, Taman Kanak-Kanak (TK) Annisa V Sei Bebanir Bangun yang sebelumnya satu bangunan dengan Madrasah Ibtidaiyah (MI) milik Yayasan At-Taqwa, kini sudah mempunyai gedung sendiri. Bangunan baru dengan tiga ruangan yakni satu ruang guru dan dua ruang kelas serta halaman bermain anak, direalisasikan oleh PT Berau Coal.

Bangunan baru tersebut diresmikan sejak 23 Januari 2018. Dan kegiatan belajar mengajar saat ini pun semakin leluasa karena dilakukan di gedung milik TK sendiri. Saat masih bergabung dengan sekolah lain, ada saja kendala yang dihadapi salah satunya kesulitan mengatur peserta didik, karena mereka suka berlarian dan masuk ke kelas lain.

“Meskipun dengan terbatasnya gedung, saya termotivasi untuk terus mengajar. Sekarang anak-anak jauh lebih fokus dan konsentrasi. Tidak terganggu dengan murid yang lebih tua,” jelas salah satu guru kelas TK Annisa V, Sitti Jaliah, Sabtu (16/4/2022).

Sedangkan Kepala Sekolah TK Annisa V, Mistun, menyebut jika antusiasme ibu-ibu sangat tinggi untuk menyekolahkan buah hatinya di TK Annisa V ini. Terlebih dengan adanya prioritas pelajaran agama, sehingga setelah lulus dari sini, anak-anak sudah bisa salat dan membaca Iqra.

Lokasinya yang strategis karena tidak bercampur dengan murid dari sekolah lain, bahkan sudah memiliki pagar, membuat anak-anak bermain dengan aman. Namun dikatakannya sekolah belum lengkap jika tidak mempunyai aula, untuk tempat pertemuan dengan wali murid atau tempat ibadah salat sunah.

“Disini total ada 47 murid dan 4 pengajar. Terlalu sempit kalau berkumpul di ruang kelas saat pertemuan. Harapannya, kerja sama dengan PT Berau Coal bisa terus terjalin dan berkesinambungan. Juga perlunya uluran tangan baik pemerintah untuk memajukan dan mencerdaskan generasi muda,” tambahnya.

Community Development Manager PT Berau Coal, Hikmawaty menuturkan, untuk mendukung peningkatan kualitas SDM sejak dini, maka perlu ditunjang dengan infrastruktur dan fasilitas yang memadai salah satunya gedung sekolah. Dan pembangunan gedung sekolah ini merupakan salah satu program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Berau Coal. 

“Kami melihat kalau satu atap dengan sekolah lain,  pasti kondisinya kurang kondusif untuk digunakan sehari-hari oleh murid-murid TK yang rerata usianya masih di bawah 7 tahun. Semoga dengan adanya bangunan ini, bisa benar-benar bermanfaat untuk proses belajar mengajar,” jelasnya.

Dikatakan, komitmen pemenuhan hak anak Indonesia lewat pendidikan harus terus digaungkan oleh semua pihak. Maka itu, pihaknya merasa terpanggil untuk membangun sekolah tersebut agar proses belajar berjalan lebih nyaman dan aman. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *