Semakin Sadar Wisata, 15 Kampung Sudah Kantongi SK

oleh -282 views
Ilustrasi tempat wisata. (Foto : Pinterest).

TANJUNG REDEB, DIMENSINEWS- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Berau, Masrani melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengebangan Pariwisata, Samsiah menyebut hingga saat ini ada 15 Kampung Wisata yang sudah mengantongi Surat Keputusan (SK).

Selain itu ada 25 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang sudah mendaftar dan terdata di Disbudpar.

Dikatakan Samsiah, atensi masyarakat untuk mengembangkan kampungnya sebagai kampung pariwisata semakin meningkat.

“Kalau dulu kami yang mendorong masyarakat untuk membuat kampung mereka agar manjdi kampung wisata, tapi sekarang masyarakatnya sendiri yang berinisiatif menjadikan kampung mereka kampung pariwisata,” bebernya.

Hal itu dikatakannya karena masyarakat sudah banyak melihat kesuksesan dari kampung lain yang menjadi kampung wisata.

“Sekarang sektor pariwisata dianggap memiliki multiplayer efek, jadi ketika kampung wisata itu sukses, otomatis perekonomian disekitarnya akan bertumbuh juga. Itu salah satunya kenapa masyarakat mulai menyadari pentingnya sektor pariwisata ini,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, potensi wisata baik dari segi budaya, kearifan lokal, hingga alamnya, menjadi faktor terus berkembangnya kampung dengan pariwisata.

“Masyarakat mulai terbuka pola pikirnya dengan berbagai hal yang dulu dianggap biasa saja, namun saat ini bisa menjadi sesuatu yang luar biasa,” bebernya.

Bahkan, di tahun 2022 ini, lanjut Samsiah, sudah ada 4 kampung yang mengajukan diri untuk menjadi kampung wisata.

“Alhamdulillah sudah jadi SK nya. Serta sudah mengikuti program dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yaitu Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Tahun ini dicanangkan yang ikut ADWI dari seluruh Indonesia ditergetkan Kemenparekraf sebanyak 3 Ribu desa wisata. Berbeda dengan tahun 2021 lalu hanya 700 desa wisata saja yang ditargetkan. Namun ternyata tahun 2021 yang mendaftar membeludak sebanyak 1.800 desa wisata. Akhirnya Kemenparekaf menaikkan targetnya, dari 700 menjadi 3.000 tahun ini,” jelasnnya.

Adapun untuk Berau, tahun ini dikatakannya ini ada 13 kampung wisata yang akan berpartisipasi di Kemenparekraf.

“Tentunya kami berharap Berau bisa mendapatkan hasil yang lebih baik lagi dari pada tahun sebelumnya,” harapnya. (mrt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *