Bawaslu Berau Harap Tak Ada “Perselingkuhan” Politik dalam Media

oleh -423 views
Bawaslu Berau menggelar rapat koordinasi bersama media, humas dan Kominfo, di meeting room Palmy Hotel Exclusive, Kamis (19/5/2022). (foto Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Meskipun tahapan pemilu 2024 belum dimulai, namun Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Berau sudah mulai melakukan koordinasi dengan media. Hal ini selain untuk meningkatkan sinergitas kerjasama, juga untuk memberikan pemahaman bahwasannya media haruslah memiliki sikap netral dalam gelaran pesta demokrasi nantinya. Dengan kata lain, jangan ada keberpihakan.

“Apalagi di 2024 nanti pemilunya dilakukan serentak, jadi peran media sangat krusial dalam memberikan informasi kepada masyarakat, mulai dari tahapan hingga pelaksanaan pemilu. Diharapkan tidak ada ketimpangan pemberitaan yang disampaikan,” jelas Ketua Bawaslu Berau, Nadirah, saat rakor peningkatan kapasitas pengelolaan kehumasan, peliputan dan dokumentasi pelayanan serta publik, di meeting room Palmy Hotel Exclusive, Kamis (19/5/2022).

Bawaslu juga sadar bahwa pelaksanaan fungsi pengawasan diperlukan peran semua pihak, tak terkecuali media. Dimana media bisa menjadi sarana kontrol sosial yang bisa memberikan informasi ke publik terkait aktivitas peserta pemilu, juga penyampaian dugaan pelanggaran pemilu.

“Jika nanti ada media yang ternyata dipergunakan oleh salah satu pasangan calon untuk berkampanye, diharapkan tetap ada keterbukaan. Sehingga menghindari adanya kecemburuan antara pasangan calon,” tambahnya.

Selain mengundang humas Pemkab, media cetak, elektronik dan online, Bawaslu juga menghadirkan narasumber yakni Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Diskominfo Berau, Sunarto. Materi dan diskusi seputar peran media, Diskominfo dalam kehumasan juga menjadi topik menarik selama rakor berjalan. (RIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *