Senam di Car Free Day Tetap Eksis

oleh -731 views

SEJAK Januari 2022, Car Free Day ( CFD) yang merupakan bebas dari kendaraan bermotor, di isi dengan aktivitas olah raga di sepanjang jalan Jenderal Ahmad Yani kembali dilaksanakan.

Pelaksanaan CFD ini oleh organisasi yang terdiri dari instruktur dan aktivis senam. Lokasi Car Free Day kembali seperti biasa di isi dengan kegiatan senam bersama.
Sempat vakum hampir dua tahun akibat Covid 19, kegiatan berolah raga di lokasi ini menjadi sasaran masyarakat yang ingin menjalani pola hidup sehat.

Tampak pada Minggu (22/5/2022) pagi , kegiatan senam bersama berjalan lancar.
Tampak Ketua CFD yang juga Instruktur senam Susia Megawati, Sulasmi, Maria dan Widi, Arbayah membimbing peserta senam sejak pukul 06.20- 08.00 wita.

Instruktur senam bersama Lurah Bugis di Car Free Day. (Foto Dok)

Ratusan peserta senam di CFD, boleh dikata merupakan peserta setia dan aktif setiap minggu mengikuti senam bersama. Terdiri dari ibu rumah tangga, PNS, karyawan swasta.

Bahkan pesepeda dan runner urut serta mengikuti senam.

Adapun senam yang dilaksanakan memang sangat diminati, yakni dimulai dari senam pemanasan jantung Indonesia, Kesehatan Jasmani, Aerobick, dangdut dan diakhiri dengan zumba atau senam kreasi.

Di sela sela ini juga diseratakan senam untuk pencegah stroke dan kolestrol.
Pada akhir tahun 2021 lalu permintaan cukup tinggi oleh masyarakat, agar senam bersama di lokasi CFD agar di dibuka.

Seiring dengan menurunnya covid 19, maka berangsur angsur memberanikan diri untuk melaksanakan. Itupun tetap pada protkes di awal tahun tadi, tetap mengenakan masker, dan untuk jarak, memang senam bersama selalu berjarak.

Lurah Kampung Bugis Hidayat, memberikan support kepada panitia CFD dan masyarakat. Sejak Minggu tadi pagi, Hidayat membuatkan portal kayu untuk menutup jalan selama dua jam pelaksanaan senam, tepatnya mulai pukul 06.30-08.00 wita.

Hidayat memiliki rencana jitu diantaranya akan ada posko cek kesehatan, kuliner, dan arena bermain anak untuk mengembangkan CFD di sepanjang jalan Jenderal Ahmad Yani, untuk lebih menarik minat masyarakat melaksanakan aktivitas olah raga.

Seperti diketahui, CFD di Kabupaten Berau di wilayah kelurahan Bugis berjalan hampir 9 tahun.

Dalam catatan dimensinews, CFD di launcing pada tahun 2013 lalu, di dinisiasi oleh kalangan aktivis senam. Yang ketika itu di motori oleh Galuh Candi bersama instruktur dan aktivis senam di Kabupaten Berau.

Ketika itu, Dinas Pemuda dan Olah Raga menaungi dan mensupport kegiatan CFD. Di lokasi CFD, masyarakat melaksankan olah raga bersepeda , senam, bersepatu roda dan skate board tanpa hambatan ada kendaraan bermotor yang melintas pada jam tertentu.

Selama 9 tahun CFD, juga kerap diisi dengan acara sosialisasi atau launcing program pemerintah Kabupaten Berau, kegiatan Polres, BPJS , Pegadaian, KPU , Bawaslu Berau, ataupun produk makanan kesehatan. (helda mildiana)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *