Dukung Pengembangan Wisata, Berau Coal Lakukan Bersih Sungai dan Penanaman Bersama

oleh -527 views
Gerakan bersih sungai dan penanaman bersama gagasan PT Berau Coal, dilakukan di sepanjang Tepian Sambaliung. (foto istimewa)

SAMBALIUNG.DIMENSINEWS –

Dukungan semua bidang pengembangan daerah terus diberikan oleh PT Berau Coal. Seperti yang dilakukan pada Jumat (10/6/2022) pagi, gerakan bersih sungai dan penanaman bersama dilakukan di sepanjang Tepian Sambaliung. Kegiatan ini merupakan bentuk dukungan wisata sekaligus dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2022, yang jatuh pada 5 Juni lalu.

Community Development Manager PT Berau Coal, Hikmawaty menjelaskan jika momentum Hari Lingkungan Hidup ini, menjadi salah satu momen penting bagi Berau Coal untuk menumbuhkan, meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan. Dimana lingkungan sehat, butuh keterlibatan semua pihak.

“Aksi ini bukan hanya simbolis semata, tapi juga menjadi bagian langkah Berau Coal dalam rangka mendukung pengembangan wisata tepian Sambaliung Basuli, menjadi lokasi wisata yang bersih, aman, menarik, sehat dan nyaman, serta memberi dampak positif pada masyarakat,” terangnya.

Selain itu, Sambaliung yang juga kental wisata budaya dan sejarah warisan adat berupa Keraton Sambaliung, membuat perkembangan wisata di kelurahan ini semakin maju. Hal ini juga terlaksana karena kerjasama dan sinergi seluruh pihak baik Pemkab, masyarakat dan pemerintah kelurahan yang selama ini mendukung perekonomian di tepian Basuli ini.

“Berau Coal melalui program pengembangan pemberdayaan masyarakat juga mempunyai komitmen dalam mendukung Pemkab, untuk pengembangan ekonomi dan wisata Berau seperti halnya di kelurahan Sambaliung. Ini penting untuk menggerakkan ekonomi pasca Covid-19, dan pengembangan wisata yang jadi penggerak ekonomi Berau di masa depan,” tambahnya.

Sekda Berau M.Gazali yang hadir mewakili Bupati Berau, mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Berau Coal. Menurutnya, lingkungan yang bersih dan hijau merupakan bagian penting dalam suatu kehidupan. Apalagi kegiatan ini juga berdampak positif pada kesehatan, terutama kebersihan sungai, yang menjadi sumber air bersih bagi masyarakat Berau.

“Harapannya, langkah yang digagas Berau Coal ini jangan hanya dilakukan pada saat momen peringatan Hari Lingkungan Hidup saja, tetapi menjadi langkah awal mewujudkan lingkungan bersih dan hijau. Masyarakat juga harus mampu menjaga kebersihan sungai ini hingga kedepannya. Apalagi saat ini juga sudah digalakkan kembali kegiatan Jumat Bersih, dimana masyarakat diharapkan bisa ikut berpartisipasi,” terang Gazali.

Senada, Lurah Sambaliung Didi Mulyadi, mengatakan bahwa seharusnya kegiatan ini diletakkan di Sambaliung, mengingat sebelumnya ada penandatanganan dari Kementerian Lingkungan Hidup, bahwa sentra PKL sepanjang tepian Sambaliung ini berpotensi menjadi pilot project perekonomian.

“Terimakasih untuk Berau Coal karena dengan kegiatan ini wisata dalam kota Tanjung Redeb semakin berkembang, dan tepian Sambaliung akan menjadi salah satu tujuan pengunjung karena kebersihan dan keasriannya. Terlebih dengan adanya pembangunan sanitasi seperti jamban sehat, juga pelatihan khusus yang diberikan bagi para pelaku UMKM,” tutupnya. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *