Tahapan Pemilu Mulai Berjalan, Disdukcapil Wajib Perbarui Data Pemilih

oleh -366 views
Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo. (Dok Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Telah dimulainya tahapan pemilihan umum (Pemilu) 2024 oleh Bawaslu, harus menjadi catatan penting bagi pemerintah, khususnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), tak terkecuali bagi Kabupaten Berau.

“Disdukcapil Berau juga harus bersiap untuk memperbarui data pemilih yang ada. Karena ini sangat penting nantinya bagi gelaran pesta demokrasi 2024 mendatang,” terang anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo, ketika ditemui Rabu (22/6/2022).

Dijelaskannya, data pemilih tetap (DPT) sangat berpengaruh guna mengantisipasi adanya penyalahgunaan suara, atau pemilih fiktif nantinya. 

“Ini sangat krusial. Jangan sampai ada pihak yang dirugikan, karena masalah jumlah suara yang tidak sesuai dengan data. Disdukcapil harus aktif mengupdate, kalau perlu jemput bola hingga ke tingkat kecamatan, kelurahan dan kampung, untuk memperbarui data pemilih,” tegasnya.

Tak hanya itu, update data yang dilakukan juga bisa sekaligus memperbarui data di Disdukcapil sendiri, seperti untuk data warga pindah atau meninggal dunia.

“Masyarakat juga harus aktif melaporkan ke Disdukcapil, jika memang ada anggota keluarga atau kerabatnya yang sudah tidak berdomisili di Berau, atau meninggal dunia. Ya semuanya memang harus ada sinergi antara dinas terkait dengan masyarakat,” harapnya. (RIA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *