Komitmen Kembangkan Seni Budaya, PT Berau Coal Support Bekudung Betiung

oleh -796 views
Manajemen PT Berau Coal dan jajaran mitra kerja berfoto bersama saat perayaan Bekudung Betiung. (Foto istimewa)

SAMBALIUNG.DIMENSINEWS –

PT Berau Coal terus menunjukkan komitmennya dalam pembangunan bidang seni dan budaya di Kabupaten Berau. Seperti acara adat Bekudung Betiung yang digelar masyarakat Kampung Tumbit Dayak, Kecamatan Sambaliung, Selasa (28/6/2022).

Upacara Bekudung Betiung merupakan salah satu tradisi suku Dayak Gaai yang dilakukan turun temurun. Acara ini digelar pasca panen sebagai bentuk puji syukur kepada Tuhan. Selain itu, juga untuk mempererat silaturahmi dan kebersamaan serta memperkenalkan budaya tersebut bagi generasi selanjutnya.

PJ Kepala Kampung Tumbit Dayak, Ahmad Jamlan mengungkapkan jika dukungan PT Berau Coal dalam perayaan upacara adat tahun ini sangat membantu. Tak hanya acara adat, bahkan setiap kegiatan kampung selalu disupport sehingga dapat berjalan lancar.

“Terima kasih untuk komitmen PT Berau Coal yang selalu memberikan dukungan semua kegiatan baik itu upacara adat maupun kegiatan lainnya, untuk kemajuan Kampung Tumbit Dayak ini. Semoga sinergi baik ini seterusnya dapat terjalin anatar Berau Coal dengan pemerintah kampung” terangnya.

Foto istimewa

Ketua Panitia upacara adat, Muhammad Halim, juga sangat mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh PT Berau Coal. Bahkan meskipun upacara adat ini sempat vakum beberapa tahun, Berau Coal masih terus menunjukkan komitmennya, dengan memberikan support keberlangsungan acara.

Acara yang dipusatkan di rumah adat Sunta, yang juga dibangun dengan bantuan CSR PT Berau Coal ini, dihadiri oleh Bupati Berau Sri Juniarsih, Wabup Gamalis, Ketua DPRD Berau Madri Pani, dan Wakil II Ketua DPRD Berau Ahmad Rifai, berlangsung meriah bahkan dipenuhi tak hanya masyarakat setempat tetapi juga masyarakat dari kampung sekitar Kecamatan Sambaliung hingga kecamatan lainnya.

“Upacara adat ini merupakan acara wajib yang digelar masyarakat Kampung Tumbit Dayak, sehingga bisa juga menjadi daya tarik bagi wisatawan hingga di luar Kabupaten Berau. Dengan dukungan PT Berau Coal dalam acara ini, maka pelaksanaannya akan semakin meriah apalagi dirangkai dengan perayaan HUT ke-259 Kampung Tumbit Dayak. Apresiasi sebesar-besarnya bagi PT Berau Coal untuk support yang diberikan,” jelas Sri Juniarsih.

Foto istimewa

Koordinator External Relation PT Berau Coal, Muhammad Sulaiman, menjelaskan jika komitmen yang diberikan untuk pengembangan seni budaya di Kabupaten Berau, akan terus dilakukan. Bukan hanya acara adat di Kampung Tumbit Dayak tetapi juga untuk kampung lainnya.

“Dari PT Berau Coal dan mitra kerja sangat mendukung acara budaya seperti ini. Bantuan atau dukungan yang diberikan juga tak hanya berupa kebutuhan anggaran pelaksanaan upacara adat tetapi juga peserta upacara itu sendiri. Karena mayoritas masyarakat di Tumbit Dayak ini bekerja di lingkungan PT Berau Coal, sehingga diberikan dispensasi agar dapat berpartisipasi dalam acara tersebut,” terang Sulaiman.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pelestarian budaya. Kami turut bangga, Tumbit Dayak hingga hari ini masih terus berupaya menjaga nilai-nilai tersebut, tentu kami akan dukung. Tak luput acara ini juga merupakan peringatan Hari Jadi Kampung, sehingga semakin sakral nilai-nilainya,” pungkasnya. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *