Bupati: ODF dan Stunting Masih Jadi PR, FBS Harus Gencar ke Lapangan

oleh -322 views
Bupati Berau Sri Juniarsih menandatangani berkas pelantikan Forum Berau Sehat periode 2022-2024, di Balai Mufakat, Senin (11/7/2022). (Sutiran/arsip Berau)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Angka Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan di Kabupaten Berau yang masih menjadi pekerjaan rumah semua pihak, juga menjadi penekanan khusus dari Bupati Berau Sri Juniarsih, saat memberikan sambutan dalam pelantikan Forum Berau Sehat (FBS).

“Memang masalah ODF dan stunting ini bukan hanya tugas FBS saja, tapi saya meminta secara khusus agar ini menjadi program kerja utama FBS sinergi dengan semua pihak terkait, terlibat dalam penurunan angka ini,” jelasnya, di Balai Mufakat, Senin (11/7/2022).

Dengan begitu, diharapkan nantinya tidak hanya imbauan semata, melainkan juga memberikan edukasi dan pendampingan di lapangan secara langsung, mulai dari tingkat kelurahan hingga kecamatan. Sehingga angka capaian yang saat ini sudah 65%, bisa naik hingga memenuhi syarat penilaian kabupaten sehat yakni 80%.

“Keberadaan FBS juga menjadi salah satu wujud komitmen Pemkab Berau untuk peningkatan kesehatan masyarakat. Untuk prestasi yang pernah diraih, bisa ditingkatkan dengan bentuk kerja nyata, yang dibuktikan ke masyarakat dengan melakukan pembinaan bagaimana cara hidup bersih n sehat,” tambahnya.

Support penuh juga diberikan oleh Pemkab Berau, dengan mengupayakan adanya anggaran bagi kegiatan FBS dan sekretariat. Bukan tanpa alasan, tapi juga karena FBS ini berperan penting dalam penurunan angka ODF dan stunting, yang juga berpengaruh bagi keberlangsungan kepariwisataan Kabupaten Berau.

“Agar kerja bisa lebih maksimal, karena hidup bersih dan sehat ini berpengaruh ke semua segi khususnya bagi pariwisata Berau, yakni untuk kesehatan dan kebersihan di kampung, kecamatan tujuan wisata,” tutupnya.

Ketua FBS periode 2022-2024, Sultan yang baru dilantik pun menegaskan jika FBS akan langsung bekerja. Bahkan, target pencapaian ODF hingga 90% optimis bisa diraih. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *