DLHK Berau Bersiap Membangun Dua RTH 

oleh -404 views
Kepala DLHK Berau, Mustakim. (Dok Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Menjadi salah satu OPD dengan serapan anggaran yang rendah, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Berau, akan mulai menggenjot jalannya program, salah satunya yakni ruang terbuka hijau (RTH). Dan di tahun ini, dua RTH akan siap dibuat.

“Tahun 2021 hanya 48 persen, tapi untuk 2022 ini kitaa targetkan bisa naik sampai 80 persen. Salah satunya pembuatan RTH di dua lokasi yaitu di Batu Muang dan Jalan Singkuang Kelurahan Gunung Panjang,” terang Kepala DLHK Berau, Mustakim, ditemui Selasa (12/7/2022).

Untuk memulai program pembuatan RTH yang sudah masuk tahap Detail Engineering Design (DED) ini, anggaran yang disiapkan sebesar Rp 18 Miliar.

“Anggaran ini bukan hanya untuk 2 RTH itu, tapi juga program lainnya. Tetapi untuk tahun ini baru 2 yang dibuat perencanaan designnya, dan pembangunan fisiknya dimulai bulan depan dengan masing-masing Rp 4 Miliar,” tambahnya. 

Untuk program lain selain 2 RTH tersebut, baru perencanaan saja, dan pembangunan fisiknya tahun depan. Hal ini dilakukan DLHK sebagai salah satu upaya memaksimalkan Dana Bagi Hasil Dana Reboisasi (DBHDR), sehingga bisa meningkatkan presentase serapan anggaran di tahun berikutnya.

Dari data DLHK Berau, untuk jumlah RTH sudah melewati target, dari yang diamanatkan UU Nomor 26 tahun 2007 tentang penataan ruang. Jika dalam ketentuan setiap kota agar memiliki 30 persen, Berau justru sudah di angka 45 persen untuk total RTH yang ada pada 2021.

Kawasan perkotaan di Tanjung Redeb sendiri sudah ada beberapa seperti Taman Cendana, Taman Sanggam. Dan hingga kini masih ada taman yang belum diserahkan ke DLHK. (Ria/ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *