Pameran Cagar Budaya dan Lomba Pidato Bahasa Berau

oleh -513 views
Halaman museum menjadi ajang pameran cagar budaya dan lomba menggambar, baca puisi dan lomba pidato, bercerita dalam bahasa Berau . (Foto dok)

GUNUNG TABUR.DIMENSINEWS—

Museum Batiwakkal di Kecamatan Gunung Tabur Kabupaten Berau akan disemarakkan kembali dengan adanya even seni dan budaya, yang dikemas dengan titel Pameran Cagar Budaya pada 18-19 Juli 2022. Dalam Pameran Cagar Budaya ini, sekaligus digelar lomba menggambar dan Baca puisi (untuk SD kelas 4-6) , lomba pidato bahasa berau (SLTP kelas 7-9) dan lomba bercerita dalam bahasa Berau (SLTP kelas 7-9), untuk lomba mulai 18-21 Juli 2022.

Menurut keterangan Syahriani Kepala Bidang Bina Nilai Budaya dan Seni, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau , Kamis (14/7/2022), kegiatan ini terselenggara atas bantuan anggaran dari Kemendikbud Ristek melalui kegiatan DAK non fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan Museum dan Taman Budaya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi masyarakat terutama generasi muda untuk mengenal dan mencintai Museum.”Dan dengan digelarnya pameran dan lomba ini , akan tersosialisasi tempat yang baik untuk belajar dan mencintai nilai nilai luhur serta adat istiadat.

Mengapa adat istiadat, dalam pameran cagar budaya seperti yang dijelaskan Kepala Museum Batiwakkal Gunung Tabur,, dipameran akan menceritakan mengenai adat istiadat dan kearifan lokal.

Sementara itu Kepala Museum Batiwakkal Aji Suhaidi menyebutkan mengenai pameran Benda benda tempo dulu yang merupakan hibah masyarakat di pamerkan di halaman Museum. Benda tersebut menceritakan mengenai adat istiadat dan kebiasaan masyarakat banua, , dayak dan bajau tempo dulu. seperti tempat atau wadah menginang, tajau tempat menyimpan air minum, topi dan baju kulit dayak, guci, keris dan barang lokal tempo dulu.

Disinilah generasi muda akan menyaksikan dan belajar tentang cagar budaya , adat istiadat , kearifan lokal, temasuk dengan menyaksikan lomba pidato dan bercerita dalam bahasa Berau . (Hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *