Generasi Belia, Sasaran Utama Membumikan Literasi

oleh -521 views
Aktivis pemerhati perkembangan budaya literasi di Kabupaten Berau, Siti Ratna Sari. (Istimewa)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Berau baru baru ini mempublikasikan rencananya untuk menumbuhkan minat masyarakat agar giat Literasi, dengan mewujudkan perpustakaan Tanjung Redeb sebagai lokasi yang layak kunjung dengan daya tarik maksimal.

“Sangat menarik menyimak semangat menumbuhkan masyarakat giat literasi yang digagas pihak perpustakan Kabupaten Berau, seperti salah satunya taman Sanggam bakal jadi salah satu spot untuk menarik minat baca masyarakat Berau.” papar Siti Ratna Sari, Aktivis pemerhati perkembangan budaya literasi di Kabupaten Berau.

Ratna menyebut kalau pepustakaan di garap sedemikian tentu saja ini bakal menarik sekali, sebagai masyarakat yang keseharian tak lepas dari dunia literasi, Ratna mengamati, sasaran utama membumikan literasi adalah generasi belia.

“Rata-rata usia anak hingga belia di era digital ini, memiliki ketertarikan tinggi dengan fasilitas perpustakaan yang menawarkan visualisasi dalam bentuk komik, buku bergambar, maupun bioskop mini. Lihat ekspresi anak-anak kita saat tertawa, matanya asik menyimak tayangan jika dalam bentuk kartun dan kisah-kisah anime,” papar Ratna yang juga seorang guru.

Media literasi visual ini di negara-negara Jepang maupun Korea Selatan justru di jadikan motivasi pencipta lapangan kerja bagi generasi belia yang akhirnya termotivasi terjun sebagai karikatur atau penyusun literasi visual.

“Kita berharap gagasan menarik dari perpustakaan daerah kita, memicu inspirasi anak-anak dan masyarakat kita menghasilkan karya-karya kreatif di bidang literasi. Tidak hanya menjadi sebagai pembaca tapi juga pembuat bacaan produktif. (hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *