Gunung Tabur Sangat Menarik Jika Dilombakan Hadrah

oleh -353 views
Lomba menggambar di halaman Museum Batiwakkal Gunung Tabur. (Dok)

GUNUNG TABUR.DIMENSINEWS-

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Berau Ilyas Nasir, Senin (18/7/2022) dalam pembukaan pameran cagar budaya dan lomba pidato dan bercerita dalam bahasa Banua, menyebut kalau Kecamatan Gunung Tabur kaya akan seni budaya.

”Saya lihat Gunung Tabur ini kerajaan nya Islam, sangat menarik jika dilombakan Hadrah kesenian musik bernapaskan Islam yang melantunkan sholawat nabi,” katanya di hadapan hadirin yang terdiri dari Kerabat Kesultanan Gunung Tabur, Camat Gunta Mardiatul Idalisah, Polsek dan Koramil, tokoh masyarakat dan peserta lomba menggambar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau, Ilyas Natsir. (Dok Dimensinews)

Ilyas juga menceritakan mengenai Hadrah International, seperti hadrah di Singapura, dan negara negara Islam lainya, sangat berkembang kesenian hadrah. Begitupula di beberapa provinsi di Indonesia.

Ilyas mengarahkan , agar lomba diselenggarakan pada hari hari libur, sehingga bisa lebih meriah atau memon hari jadi Gunung Tabur, dan bisa bekerjasama dengan Pokdarwis setempat .

“Dan mari kita mengenalkan budaya kita, namun sebelum memperkenalkan , kita harus paham dulu seni dan budaya itu sendiri,” kata ilyas.
Sementara itu, ajang pameran dan lomba ini diiikuti 86 peserta, yang terdiri dari peserta menggambar 49 orang, baca puisi 20 orang, pidato 8 orang dan bercerita 9 orang.

Juri yang menilai,Enden Supandi, Syahrani,Syaprudin Itsur dan Ridwan.Tampak di hari pertama, panitia mengelar pameran di serta lomba mengambar (18/7/2022), kemudian hari kedua Puisi, hari ketiga Pidato bahasa Banua dan hari keempat lomba bercerita dalam bahasa Banua, sekaligus penutupan.(hel/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *