Masuk Museum Batiwakkal Pakai Kain Batik Berau

oleh -462 views
Kain kuning yang akan dikenakan pengunjung ketika akan memasuki Museum Batiwakkal Gunung Tabur. (dok Disbudpar Berau)

GUNUNG TABUR.DIMENSINEWS-

Sekarang ada tata cara baru bagi pengunjung Museum Batiwakkal Gunung Tabur. Pengelola museum Dinas Kebudayaan dan Pariwisata memberikan kain batik Berau kepada pengunjung agar dikenakan selama berada di dalam Museum.

Tata cara atau kewajiban pengujung ini di publikasikan Disbudpar Berau dalam acara pembukaan pameran cagar budaya dan lomba pidato bahasa Berau, di halaman Museum Batiwakkal, Senin (18/7/2022).

Agai Ulai memperagakan kain kuning yang harus dikenakan pengunjung Museum Batiwakkal Gunung Tabur. (Helda Mildiana/Dimensinews)

Menurut Kepala Disbudpar Ilyas Nasir, filosofi motif batik Berau warna kuning melambangkan keindahan alam bumi batiwakkal, yang mana Berau mempunyai tempat wisata menarik. Deburan ombak laut pulau Derawan yang kaya akan rumput laut bisa menjadi penghasilan warga Berau.Kuning juga ciri khas Berau yang memiliki arti keagungan kemuliaan dan kebijaksanaan. “Filosofi warna hijau melambangkan kesuburan bumi batiwakkal,” katanya.

“Mulai diberlakukan hari Senin ini, yang mana Disparbud mempersiapkan kain batik dalam sehari sekitar 50 helai kain,” tambah Syahriani Kepala Bidang Bina Nilai Budaya dan Seni Disparbud.

Lalu , apakah tarif masuk museum menjadi naik ?
Meski ada kain batik dipersiapkan untuk pengunjung, harga tiket masuk, tidak berubah.Harga Tiket masuk (HTM)Rp 5.000 (dewasa), Rp 2.000 (anak) dan Rp 10.000 (turis mancanegara. (hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *