Taman Wisata Hatinya Karbun Diluncurkan

oleh -549 views
Sekretaris Camat Tanjung Redeb Harjupri, menggunting pita pada peresmian Taman Wisata Hatinya Karbun, disaksikan Seklur Karang Ambon Muliana, Selasa (19/7/2022). (Helda Mildiana/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS-

Ruang terbuka hijau di wilayah Kelurahan Karang Ambun bertambah, dengan adanya Taman Wisata Hatinya Karbun (TWHK) . Taman ini diluncurkan Sekretaris Camat Tanjung Redeb Harjupri Selasa pagi (19/7/2022) di halaman kantor Kelurahan Karang Ambun.

Ditandai dengan penguntingan pita TWHK, Sekcam didampingi Sekretaris Lurah Muliana dan dihadiri jajaran lurah di Kecamatan Tanjung Redeb, Forum Berau Sehat, Jajaran RT di Karbun.
Sekcam Harjupri dalam sambutannya, mengapresiasi inovasi dan pembaharuan yang dilaksanakan oleh Sekrearis Lurah Muliana, selaku reformer aksi pembaharuan yang membuat TWHK.

“Taman ini sesuatu yang dibutuhkan oleh kelurahan karang Ambun, dan ini menjawab permasalahan dari kebutuhan masyarakat, di kelurahan Karang Ambun. Beberapa waktu lalu kami mendengar saat kunjungan Bupati Berau ke Karang Ambun. Sempat saya dengar rumputnya tinggi, dan segala macam. inikan sebuah pemasalahan,” paparnya.

Dan ini dijawab Seklur, dengan mencarikan solusi melalui aksi perubahan berupa Taman Wisata Hatinya Karang Ambunn. Juga ini ttidak lepas dari kepemimpinan Lurah Karbun Arif Mulyono.

“Ini sangat luar biasa, permasalahan ini selesai, dan keasrian kelurahan Karbun, ini menjadi kenyamanan bagi warga yang ber berkunjung ke kantor Kelurahan Karbun.” Paparnya.

Peluncuran Taman Wisata Hatinya Karbun. (Helda Mildiana/Dimensinews)

Dilanjutkan Harjupri, bahwa TWHK Ini menambah ruang terbuka hijau kita, tentu kita akan mengurangi dampak pencemaran lingkungan. “Kami mewakili camat, mudahan mudahan aksi perubahan taman ini berjalan denagan baik, di lingkungan RT Rt di Karbun.” Katanya.

Harjupri berharap Kecamantan Tanjung Redeb yang memiliki 6 kelurahan, setiap kelurahan bisa mengembangkan , dan bersifat tematik, potensi di setiap kelurahan berbeda beda, dan seperti yang dikerjakan kelurahan Karbun belum tentu dapat dikerjakan oleh kelurahan lain.

“Tetapi setiap kelurahan bisa bereksplorasi dengan potensi wilayahnya, menjadi nilai unggul, bukan hanya untuk bermanfaat bagi kelurahan, tetapi juga bisa mengangkat di even lebih tinggi, misalnya Kecamatan Tanjung Redeb, bisa mendapatkan nama, keuggulan dari potensi yang di ekplorasi oleh Kelurahan.”Papar Harjupri.

Dan mudahan ini kedepannya bisa dilaksanakan, beberapa tahun ini, ada saja pejabat kelurahannya mengikuti diklat PKP, dan tentu saja ada yang masih tersisa, maka ada muncul aksi perubahan baru. Bukan untuk kepentingan diklat saja, tetapi bisa berkelanjutan, bukan hanya mengandalkan program yang ada di DPA , “ katanya.

Sementara itu, Muliana reformer TWHK, menyebutkan , bahwa dirinya membuat TWHK agar kantor kelurahan Karbun menjadi contoh bagi 18 RT di diwilayah Karbun.Seperti fasilitas – fasilitas pembenahan pojok toga, pengecetan paping halaman kantor, vertikal garden, pembuatan pagar taman Kantor, Pembuatan Kursi dan Meja (Lapis HPL), Renovasi kursi ruang tunggu, pembuatan rak kayu untuk pot taman, pembuatan lorong garden, pembuatan air mancur, pembuatan pot limbah, pembuatan kanopi taman, tanaman hias dalam pot, agroponik.

Menurut Muliana, mamfaat yang bisa dipetik dengan adanya Taman di samping kantor Kelurahan Karbun ini Karang Ambun menjadi sejuk, asri, indah, rapi dan nyaman. “Dapat meningkatkan daya tarik dan pemahaman pegawai Kelurahan Karang Ambun terhadap manfaat tanaman dan cinta terhadap tanaman,” paparnya.

Sedangkan secara eksternal, dapat meningkatkan pengetahuan dan daya tarik masyarakat terhadap tanaman, serta pengetahuan dan daya tarik tehadap Ketua RT, LPM, Forum Anak lingkungan sekitar akan pentingnya tanaman.

Sekretaris Lurah Muliana dalam aksi perubahan membuat Taman Wisata Hatinya Karbun ini merupakan peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan IV tahun 2022 bekerjasama Pemerintah Kabupaten Berau dengan Puslatbang KDOD (Kajian Desentralisasi Daerah) Lembaga Administrasi Negara Samarinda. (hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *