Mudahkan Validasi Data, Disdukcapil Gelar Bimtek Petugas Register Online

oleh -396 views
Bupati Berau membuka Bimtek gelombang pertama bagi petugas register online, di Balai Mufakat, Kamis (21/7/2022). (Dok) 

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Untuk tertib administrasi dan validasi data khususnya untuk pemilih dalam persiapan Pemilu serentak 2024, Pemkab Berau melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Berau, menggelar Bimtek petugas register online. 

“Sebagai salah satu bentuk konsistensi Disdukcapil Berau dalam menertibkan administrasi kependudukan masyarakat Berau, yakni dengan mengupayakan informasi data yang valid. Dan saya sangat mengapresiasi kegiatan Bimtek ini. Dengan begini, masyarakat akan dimudahkan dalam pengurusan data kependudukan,” jelas Bupati Berau, Sri Juniarsih saat membuka Bimtek, di Balai Mufakat, Kamis (21/7/2022).

Kepala Disdukcapil Berau, David Pamuji juga menjelaskan jika Bimtek ini nantinya akan semakin memudahkan, baik bagi masyarakat maupun petugas Capil itu sendiri. Pasalnya, dengan kecanggihan teknologi dimana semua kepengurusan serba online, akan menghemat waktu.

“Koneksi internet saat ini kan semakin luas bahkan hingga ke perkampungan. Maka kami dari Capil memberikan Bimtek petugas ini, agar masyarakat cukup datang ke kecamatan terdekat tempatnya berdomisili, meminta bantuan petugas yang standby, tanpa harus bolak balik ke kantor Capil di Tanjung Redeb,” terangnya.

Tak hanya itu, dengan Bimtek ini juga maka petugas Capil yang ada di kelurahan dan kecamatan, yang setiap harinya berinteraksi dengan masyarakat, akan lebih mudah juga memberikan pelayanan. Mereka tinggal mengarahkan bagi warga yang hendak melakukan kepengurusan data kemudian membantu proses pendaftaran dan lainnya secara daring.

Untuk Bimtek kali ini akan diadakan 3 kali, yakni gelombang pertama yang dilaksanakan pada Kamis ini diikuti peserta 40-60 orang. Gelombang kedua digelar pada pekan keempat Agustus di Kecamatan Talisayan, dengan peserta sebanyak 46 orang. Dan terakhir diadakan di pekan keempat Oktober di Kecamatan Biatan, yang diikuti 28 peserta. (Ria/ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *