Pencanangan Perpustakaan Ramah Anak

oleh -500 views
Salam literasi anak-anak Berau. (Helda/Dimensinews)

PERPUSTAKAAN berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa. Fungsi perpustakaan tersebut termaktub dalam pasal 3 UU no. 43 tahun 2007. Semangat utuk meningkatkan literasi kemampuan literasi dasar anak, merupakan salah satu dasar sehingga perpustakaan Kabupaten Berau ingin mewujudkan agar dapat menjadi perpustakaan yang ramah anak.

Tidak hanya slogan, atau publish ke media, gagasan dan keinginan ini diwujudkan dengan aksi, yang mana kemarin Perpustakaan Berau yang berada di jalan Milono Tanjung Redeb ini mengadakan acara Perpustakaan Ramah Anak, berkaitan dengan Hari Anak Nasional, Jumat (29/7/2022) dengan mengundang anak anak di wilayah Tanjung Redeb dan sekitarnya untuk bergembira.

Hiburan yang diisi dengan hiburan yang mengedukasi serta bermuatan literasi, menghadirkan aksi panggung guru dan anak anak pemenang lomba pidato anak, bercerita, bercerita dalam bahasa banua, baca puisi.

Aksi anak bercerita dalam pencanangan perpustakaan ramah anak. (Helda/Dimensinews)

Dengan adanya aksinya upaya untuk mendekati anak untuk akrab dengan perpustakaan. Menurut keterangan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Berau Yudha Budi Santosa, bahwa even ini mengambil momentum peringatan Hari Anak nasional, untuk menuju perpustakaan ramah anak.

“Perpustakaan ini baru pencanangan, karena sebelum menuju peluncuran, kami harus memenuhi beberapa fasilitas . contohnya tempat bermain yang aman, infomasi yang terlindungi sesuai dengan usia anak itu sendiri, kemudian membuat mereka berkreativitas, dan menyalurkan mereka untuk berprestasi. Termasuk buku buku, dan permainan sesuai dengan usia anak dan internet,” papar Yudha.

Ditambahkan untuk melengkapi, pada APBD tahun 2022 ini ada penambahan permainan untuk perpustakaan ramah anak. Jika sudah memenuhi beberapa persyaratan, maka perpustakaan ramah anak akan diluncurkan tahun 2023 mendatang. (hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *