Berau Fashion Week Sore Ini di Taman Cendana

oleh -2,380 views
Anak-anak berlatih di zebra cross depan Taman Cendana, untuk mengikuti Berau Fashion Week. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS-

Booming Citayam Fashion Week, merambah ke provinsi yang ada di Indonesia, termasuk Kabupaten Berau. Sore ini, Sabtu (30/7/2022) pukul 16.00 wita akan ada Berau Fashion Week (BFW) di Taman Cendana Tanjung Redeb. Untuk sore ini mengangkat tema tahun baru Islam 1 Muharram.

Menurut keterangan Samsiah dari Assosiasi Duta Wisata Berau (ADWB), bahwa BFW merupakan atraksi wisata ajang bakat dan kreatifitas khususnya fashion digelar di setiap weekend (Sabtu dan Minggu Sore jam 16.00-17.30 Wita) dan akan berganti tempat sesuai dengan permintaan sponsor, jika ada sponsor.

“Peserta yang akan ikut acara BFW harus mendaftar ke ADWB sebagai koordinator program, dengan syarat dan aturan yang ditentukan, baik dari segi etika, adab dan kostum,” kata Samsiah yang juga PNS di Dinas Pariwisata ini.

Dilanjutkan, mengenai BFW akan dibuatkan SOP mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada saat Fashion sehinnga peserta dan acara akan berlangsung tertib dan lancar. Mengaa agar tidak menimbulkan keritikan tajam dan menimbulkan isu SARA juga tidak menyumbang sampah di lokasi taman Cendana.

Berau Fashion Week bukan hanya sekedar ajang fashion, tapi kedepannya akan berkolaborasi denganaksi literasi baik puisi, bacarita dan segala aksi yang berkaitan dengan literasi.
BFW juga akan diisi dengan edukasi dan inspirasi yang merupakan bagian dari promosi destinasi wisata, pariwisata berkelanjutan, mangrove, desa wisata dan duta wisata.

Lebih jauh lagi, BFW nantinya akan bekerjasama dengan beberapa UMKM, produsen batik, kuliner, swasta untuk promosi dan pemasaran sehingga tidak hanya sekedar ajang lenggak lenggok belaka.

Terkait ajang ini merupakan leanggak lenggok, BFW juga merupakan bagian dari ikhtiar untuk meredam tumbuh kembangnya kaum LGBT dengan merangkul komunitas- komunitas yang lebih jelas passionnya. “Ini juga merupakan usaha agar trend ini tidak tumbuh liar dan dimanfaatkan oleh pihak tertentu yang tidak bertanggungjawab.” papar Samsiah.

Dan pada sore hari ini , Sabtu akan digelar di Taman cendana, untuk ke depannya setiap penampilan akan memiliki tematik yang akan ditentukan sehingga lebih Mengedepankan Budaya dan peringatan hari-hari besar, tanpa membutuhkan dana besar.

“Intinya BFW di Kabupaten Berau ini akan tumbuh sebagai peluang dan pembeda dari yang lainnya. Dan kami dari panitia penyelenggara sudah mengurus perijinan gelaran acara ini, baik itu ke Polres, Dishub dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak,” pungkas Samsiah. (hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *