Gebyar Bulan Timbang, Bupati Minta Masyarakat Datangi Posyandu

oleh -287 views
Bupati Berau memberikan kapsul vitamin A, untuk balita di posyandu Cuco Rowo RT 1 Kampung Maluang. (Helda/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS-

Pemerintah Kabupaten Berau melalui Dinas Kesehatan gencar memberikan informasi bulan timbang dan mendapatkan vitamin A untuk seluruh Pos Pelayanan Terpadu. Ini ditandai Bupati Berau Sri Juniarsih Mas mencanangan gebyar bulan timbang, pemantauan tumbuh kembang, dan pemberian vitamin untuk Balita, di Posyandu Cuco Rowo Rt 1 Kampung Maluang Kecamatan Gunung Tabur, Selasa (2/8/2022) tadi pagi.

Dihadiri Camat Gunta Mardiatul Idalisah, Kepala Kampung Maluang Usnadi, dan aparat Kampung, Sri Juniarsih meminta kepada masyarakat agar dapat mendatangi posyandu yang adda disekitar tempat tinggal untuk menimbang anak.

“Ini juga agar mereka bisa mengetahui secara rutin tumbuh kembang anak,” tuturnya.
Hal itu juga ditujukan untuk menghindari anak dari penyakit yang tidak dinginkan. Tentu melalui pantauan secara intensif di posyandu.

Dirinya juga menegaskan bahwa pemerintah akan intensif memantau tumbuh kembang anak untuk 1000 hari pertama. Dengan demikian, diharapakan permasalahan gizi dan kesehatan bisa dicegah secepatnya sejak dini.

“Kedepan E-PPGBM dapat dioptimalkan saat proses pencatatan dan pelaporan hasil penimbangan bayi kita,” ujarnya.

Penimbangan berkala yang dilaksanakan sejak Februari 2022 hingga Agustus 2022 dinilai penting. Sebab, daya yang valid akan mempengaruhi perencanaan dan menentukan kebijakan untuk mencegah permasalahan gizi.

“Terutama stunting dan wasting di Berau, jika data kita valid maka dalam menentukan kebijakan bisa lebih terarah,” tuturnya.

Bupati wanita pertama di Kabupaten Berau ini juga mengungkapkan bahwa untuk tahun ini, untuk kader posyandu semula 600 ribu, kini dinaikkan menjadi 1 juta. Sedangkan ntuk operasional PKKdiaikkan mejadi 17,5 juta rupiah, dan ini disambut applaus kader posyandu yang hadir serta anggota PKK . (hel/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *