Rakor KONI Kaltim Putuskan 52 Cabor Ditandingkan dalam Porprov 2022

oleh -79 views
Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, selaku Ketua Umum PB Porprov Kaltim VII, menghadiri Rapat Koordinasi KONI Kaltim di Samarinda, Rabu (3/8/2022). (Humas Pemkab Berau)

SAMARINDA.DIMENSINEWS – 

Setelah melewati pembahasan panjang, Rabu (3/8/2022), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim memtuskan total 52 cabang olahraga (cabor) yang akan ditandingkan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Kaltim, dimana Kabupaten Berau menjadi tuan rumahnya.

“Penetapan resmi jumlah cabor yang dipertandingkan tentunya sangat penting bagi Kabupaten Berau sebagai tuan rumah penyelenggara, dan sebagai peserta atau kontingen dalam rangka pelaksanaan Porprov yang selanjutnya. Terlebih sekarang ini pun harus berpacu dengan waktu, karena persiapan-persiapan penyelenggaraan Porprov tahun ini tidak kurang lebih dari tiga bulan lagi,” jelas Bupati Berau Sri Juniarsih yang hadir dalam rakor KONI Kabupaten/Kota se-Kaltim di Samarinda.

Sebelumnya, KONI kaltim melalui Rakor Januari 2022 lalu telah menetapkan 63 cabor, tetapi dengan pertimbangan PB Porprov merevisi dengan adanya anggaran yang terbatas. 

“Kami menaruh hormat kepada ibu Bupati selaku Ketua Umum Panitia Besar Porprov Kaltim VII, dan melalui kunjungan kami ke Berau Juli lalu,  atas segala masukan akhirnya bisa diambil keputusan finalisasi cabor yang akan dipertandingkan,” ungkap Ketua KONI Kaltim, Rusdiansyah Aras.

Porprov Berau pun diharapkan bisa menjadi pemersatu masyarakat olahraga Kaltim dan Indonesia. Porprov Kaltim juga menjadi titik kembali bangkitnya olahraga dari pasca pandemi COVID-19. 

“Porprov Berau tidak saja menjadi kebanggaan masyarakat Berau, tetapi masyarakat Kaltim,” tandasnya.

Sejak penetapan tuan rumah, berbagai persiapan telah dilakukan oleh Kabupaten Berau mulai dari anggaran, pembangunan venue, hingga penguatan kapasitas sumber daya manusianya. Bahkan, ketika persiapan penyelenggaraan Porprov VII ini sedang dilakukan, pandemi COVID-19 juga sedang terjadi di seluruh dunia, yang juga memberikan dampak signifikan terhadap sosial ekonomi masyarakat. Sehingga anggaran pemerintah pusat, hingga provinsi dan pemkab/kota khususnya untuk bidang olahraga juga terpangkas untuk penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi masyarakat.

Dengan adanya salah satu sumber dana penyelenggaraan Porprov tahun ini melalui APBD Provinsi Kaltim tahun 2022 sebesar Rp 50 miliar dalam bentuk hibah, diperuntukan sebagian untuk membangun operasional penyelenggaraan, pengadaan peralatan tanding dan pembangunan venue pertandingan. (HMS/RIA/ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *