Support Penuh Target Pembangunan Sanitasi Permukiman

oleh -463 views
Bupati Berau, Sri Juniarsih menghadiri konsultasi publik hasil studi EHRA yang dipaparkan Dinkes Berau, di ruang rapat RKPD Bapelitbang. (Dok FBS)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS – 

Masih rendahnya angka capaian sanitasi sehat di Kabupaten Berau, hingga kesadaran masyarakat dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), menjadi perhatian utama oleh Pemkab Berau. 

“Pemkab Berau menegaskan sangat mendukung agar target pembangunan sanitasi pemukiman dalam RPJMN 2020-2024, bisa terealisasi. Selain itu juga pencapaian target pengolahan air limbah domestik dan rumah tangga, yang melakukan praktik PHBS,” jelas Bupati Berau, Sri Juniarsih saat menghadiri konsultasi publik hasil studi Environmental Health Risk Assessment (EHRA) oleh Dinkes Berau, Jumat (5/8/2022).

Di 2022 ini, Pemkab Berau juga mendorong sinergitas antara Pemprov dan kabupaten/kota dalam pencapaian target tersebut. Kebijakan-kebijakan yang disusun dan koordinasi semua pihak seperti Dinkes, Dinas Permukiman, dan organisasi lintas sektor seperti Forum Berau Sehat yang juga terfokus dalam hal ini, akan digencarkan.

Dukungan penuh untuk pencapaian target ini, masuk dalam program-program Pemerintah Kabupaten Berau. Diantaranya, untuk pengadaan jamban bagi keluarga yang masih melakukan PHBS, terutama untuk yang masuk dalam kriteria rumah tidak layak huni.

Juga perlunya perbaikan untuk alat-alat pengelolaan sampah. Dan untuk pendanaan suksesnya program sanitasi ini, OPD teknis diharapkan bisa menangkap peluang yang ada, dengan pegoptimalan atau mengarahkan anggaran ke program sanitasi tersebut. (Ria/ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *