Zahra Asal Berau Wakili Kaltim Pada Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan LLAJ di Jakarta

oleh -717 views
Adji Zahra Mahdiyyah (2 dari kanan) pada pemilihan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas, di Hotel Haris, Samarinda. (Dok)

ADJI Zahra Mahdiyyah pelajar MAN Berau yang merupakan wakil Kabupaten Berau pada pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di Hotel Harris Samarinda 3-4 Agustus 2022, berhasil meraih gelar juara 2 se-Kaltim.

Dari kegigihannya ini, Zahra bersama juara 1 , akan mewakili pemilihan di even selanjutnya tingkat nasional bulan September mendatang di Jakarta.
Bagi Zahra, even keselamatan berlalu lintas ini cukup membuatnya lebih tahu akan keselamatan masyarakat yang setiap harinya dihadapkan dengan lalu lintas.

“Apalagi sebagai remaja, yang setiap hari menjalani kegiatan sehari hari, harus paham tentang keselamatan diri ,” ungkap Zahra siswi kelas XII IPA2 MAN Berau ini.

Dipaparkan selama mengikuti lomba, baik itu di Kabupaten Berau dan di tingkat Kaltim di Samarinda, banyak ilmu yang didapatkan, seperti materi mengenai keselamatan jalan dengan tema Indonesia Future Tranport, public speaking, cara membuat karya tulis. “Semua bisa buat bekal Zahra termasuk publik speaking dan membuat karya tulis,” jelasnya.

Dalam pemilihan pelajar pelopor di Kaltim, peserta didaulat juri untuk menampilkan skill masing masing pelajar. Dalam hal ini, rata rata peserta pelajar menampilkan skill menari, menyanyi dan bermain piano, pidato. Zahra yang seorang hafizah, membawakan surah Al Baqarah di hadapan dewan juri. Untuk ilmu Al Qur an, Zahra pernah menimba ilmu di Tahfizh Camp Darul Quran di Cianjur Jawa Barat.

Adji Zahra Mahdiyyah. (Istimewa)

Untuk keikut sertaan dalam kompetisi, disebutkan semua tidak lepas dari bimbingan dan motivasi guru di MAN, orang tua, “ Ibu kepala sekolah, bapak pembimbing Ali Muttaqin Suryanto , Dinas perhubungan Berau,” ungkap putri kedua dari pasangan Adji Sumarly Saputera dan Helda Mildiana ini.

Ikut kompetisi bukanlah hal baru bagi Zahra, sebelum mengikuti pemilihan remaja pelopor, Zahra hanya selang waktu dua minggu mengikuti lomba penulisan resensi buku di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Berau, walhasil meraih juara 1 se-Kabupaten Berau.

Ketika masih duduk di SMPIT Ash Shohwah, Zahra pernah mewakili Kabupaten Berau dalam lomba pidato Agama Islam (PAI) Kementerian Agama Kaltim , berhasil meraih juara harapan 1 se Kaltim, mengikuti lomba mengambar kerap meraih juara, dan lomba desain.

Doyan menguji kemampuan dengan ikut kompetisi sehingga memacu untuk semangat belajar bagi Zahra bukanlah hal melelahkan. “Menyenangkan menambah ilmu dan teman baru,” katanya. (Rita Amelia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *