Gamalis : Tumbuhkan Minat Baca Secara Kreatif

oleh -452 views
Wabup Gamalis dalam pembukaan bimtek pengenalan dasar pengelolaan perpustakaan pola 32 jam, di gedung Bapelitbang Berau. (Helda Mildiana/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS-

Wakil Bupati Berau Gamalis meminta kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pendidikan dan organisasi Sahabat Literasi Kabupaten Berau (SLKB) agar dapat menumbuhan minat baca secara kreatif. Hal ini diungkapkannya pada pembukaan acara Bimtek Pengelolaan Dasar Perpustakaan kepada tenaga pengelolaan perpustakaan sekolah dan Kampung, di gedung RPJPD Bapelitbang, Selasa (23/8/2022).

“Ini merupakan tanggung jawab kita bersama dalam upaya mencereskan kehidupan berbangsa, oleh karena itu, perbaikan kelemahan perpustakaan di tingkat kampung , kelurahan dan kecamatan harus menjadi prioritas,” papar Gamalis di hadapan Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim HM Syafranuddin, Kadispusip Berau Yudha Budi Santosa dan peserta Bimtek.

Ditambahkan, bahwa permendes no 22 tahun 2016 tentang penetapa prioritass penggunaan dana desa tahun 2017 mengamanatkan bahwa dana desa merupakan salah satunya harus diprioritas pengguna dana desan tahun 2017.

Mengamanahkan bahwa dana desa salah satunya harus diprioritaskan untuk pembangunan di bidang pendidikan antara lain untuk membangun sarana PAUD dan perpustakaan desa.

“Tak dapat dipungkiri bahwa kualitas sebuah perpustakaan sangat bergantung pada kapasitas pustakawan, yang artinya sebuah perpustakaan bukan hanya dilihat dari sisi bangunan atau ketersediaan buku buku bacaannya saja,” papar Gamalis.

Namun pula kualitas pustakawan d dalamnya diharapkan mampu melakukan aksi manajerial kodifikasi dan inovasi pada perpustakaan agar semakin ramai dikunjungi dan diminati.

Penyerahan sertifikat akreditasi perpustakaan sekolah dengan nilai A, untuk perpustakaan Palimas SDN 015 Jalan H.Isa I Tanjung Redeb. (Helda Mildiana/Dimensinews)

Sedangkan Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim H Syafranuddin, memotivasi kepada seluruh peserta bimek dan PNS, agar agar jangan merasa terpinggirkan jika ditugaskan di perpustakaan.

Sementara itu laporan kepala dinas Perpustakaan dan Kearsipan, bahwa acara bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas tenaga perpustakaan, meningkatkan kunjungan perpustakaan, kegemara membaca, dan meningkatkan kualiatas program perpustakaan yang bermanfaat bagi pemustaka.

Dan secara khusus, kata Yudha meningkatkan pemahaman pengeloal perputakaan tentang sofware, otomasi perpustakaan, pengolahan buku, strategi dan marketing. (hel/adv).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *