Lomba Japin, Baladun, Bazar UMKM hingga Artis di Irau Bebanir Bangun

oleh -356 views
Kepala Kampung Sei Bebanir Bangun, Rasatkan Dulang. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS-

Kampung Sei Bebanir Bangun mulai Selasa malam 27 September – 10 Oktober 2022 akan semarak oleh serangkaian acara untuk memeriahkan Irau atau hari jadi nya yang ke 37 tahun.

Kampung yang dikomando putera daerahnya Rasatkan Dulang tersebut menggelar Bazar UMKM, lomba jappin modern, , lomba Baladun Fesival Dangdut Karaoke, Turnamen Sepakbola se-Kabupaten Berau, Turnamen Volyball Putera-Puteri, Turnamen Bulutangkis Open dan Pekan Budaya dan Ekonomi Kreatif.

Menurut keterangan Kepala Kampung Sei Bebanir Bangun, Rasatkan Dulang , bahwa peringatan Irau merupakan bentuk kecintaan masyarakat di kampung Bebanir Bangun untuk melestarikan seni budaya yang ada di wilayah tersebut. Seperti mengadakan lomba Jappin dan Baladun.

Disebutkn bahwa Baladun merupakan seni berbalas pantun yang di iringi dengan musik , yang merupakan sebahagian dari prosesi kesenian Mamanda. “Dengan menyelenggarakan Baladun, maka akan banyak mayarakat yang menyaksikan seni ini, dan tentu salah satu upaya pelestarian seni budaya Banua,”katanya.

Penggelut UMKM di Berau pun akan turut memamerkan produknya baik itu makanan maupun hasil kreasi dalam bentuk tas, alat rumah tangga ataupun souvenir .

Lalu kemana kesenian kuntau, yang merupakan seni milik urang Banua ?

Disebutkan Rasatkan, seni beladiri kuntau memang tidak diperlombakan, namun akan ditampilkan pada pentas utama pekan budaya Irau.

Dalam pekan budaya itu ada festival karaoke akan memeriahkan Irau, ditambah dengan penampilan artis penyanyi ibukota Jamila juara 1 Bintang Pantura V Inndosiar, 2 Langit nominai penyanyi duo anugerah dangdut Indonessia MNCTV 2021, Camila Rasya.
Diharapkan warga dan masyarakat s dapat menikmati perhelatan Irau sei Bebanir Bangun, yang memang di peruntukkan seluruh warga Berau. (hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *