Gamalis : “Optimalkan Produk Dalam Negeri,”

oleh -307 views
Sosialisasi peningkatan penggunaaan produk dalam negeri , (11/10/2022) .dok dimensinews

TANJUNG REDEB DIMENSINEWS – Dalam mendukung gerakan nasional bangga buatan negeri, Wakil Bupati Berau Gamalis berharap masyarakat Kabupaten Berau meningkatkan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

 

Gamalis menjelaskan dalam acara Sosialisasi P3DN (11/10/2022), dalam upaya implementasi program P3DN di tataran Pemerintah Kabupaten Berau, bertujuan untuk memberdayakan dan memperkuat struktur industri dalam negeri. Caranya dengan mengoptimalkan produk dalam negeri pada aspek pengadaan barang dan jasa pada proyek pemerintah, maupun program pengadaan lainnya.

 

Dijelaskannya, program P3DN ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Perindustrian dan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2018 Tentang Pemberdayaan Industri. Di mana ada kewajiban bagi pemerintah untuk menggunakan produk dalam negeri di setiap pengadaan barang dan jasa.

 

“Pemerintah Kabupaten Berau telah menindaklanjuti aturan itu dengan dikeluarkannya Surat Keputusan Bupati Nomor 361 Tahun 2022, tentang Pembentukan Tim Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri,” Katanya.

 

Dalam SK tersebut disebutkannya, susunan tim dan tugas-tugasnya, yang meliputi koordinasi, sosialisasi, pemantauan, pengawasan, evaluasi, pembinaan, tafsiran, inventarisasi permasalahan dan perumusan solusi, hingga pelaporan tahunan.

 

Gamalis juga mengharapkan, dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak, khususnya stakeholder yang tergabung dalam Tim P3DN Kabupaten Berau. Serta dapat menunaikan amanat undang-undang, dan menyukseskan program yang digagas oleh pemerintah pusat.

 

“Implementasi P3DN di daerah juga diharapkan dapat meningkatkan rasa nasionalisme dan kecintaan kita terhadap produk dalam negeri,” terangnya.

 

Dirinya juga mendorong kepada seluruh elemen masyarakat, terutama para kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk siap dan berkomitmen, melaksanakan program P3DN ini dalam setiap pengadaan barang dan jasa di instansi masing-masing.

 

“Saya sebagai wakil Bupati Berau, mengajak kepada kita semua, agar mensosialisasikan program ini kembali kepada seluruh instansi agar Pemerintah Kabupaten Berau benar-benar siap melaksanakan program P3DN ke depan,” pungkasnya. (Hel/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *