Forum Berau Sehat Silaturahmi Koordinasi Program ke Baznas

oleh -187 views
Forum Berau Sehat (FBS) Kabupaten Berau Rabu pagi (7/12/2022) bersilaturahmi ke Baznas. (Ist)

TANJUNG REDEB,DIMENSINEWS –

Forum Berau Sehat (FBS) Kabupaten Berau Rabu pagi (7/12/2022) bersilaturahmi ke Baznas. Ketua FBS Sultan bersama anggota Helda Mildiana, Alimuddin dan Suwoto disambut Wakil ketua Abu Bakar dan Maria Yosephi. Disebutkan Sultan, kalau FBS tidak saja bersilaturhami,namun sekaligus berkoordinasi mengenai program Berau Sehat dan Berau Peduli yang ada di program Baznas. Karena memiliki tujuan yang sama, yakni Indonesia Sehat.

Dipaparkan bahwa Forum Berau Sehat merupakan organisasi atau wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasi, turut menentukan arah prioritas ,perencanaan pembangunan wilayahnya yang mengintegrasikan berbagai aspek sehingga dapat mewujudkan wilayah bersih,nyaman, aman dan sehat untuk dihuni masyarakat.

Penyelenggaraan Kabupaten kota sehat, berdasarkan peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan no 34 tahun 2005, no 1138/Menkes/PB/VIII/2005. Yakni penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat. Penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat ada di seluruh Indonesia, untuk di wilayah kota ,Kecamatan hingga desa atau kampung.

Untuk di Kabupaten Berau, berdasarkan Keputusan Bupati no 803 tahun 2017 , aktif sejak 2017. Yang mana di dalamnya FBS selaku penyelenggara tingkat Kabupaten yang tugas pokoknya menentukan program kabupaten atas dasar kebutuhan masyarakat , dengan memperhatikan prioritas Pemkab dan sektor pendukung.

FBS menggali sumber daya dan kelompok potensial untuk kelancaran program, menentukan indikator keberhasilan dan menakukan pengawasan dan evaluasi kepada FKKS (forum komunikasi Kecamatan Sehat dan Pokja Sehat.

Dipaparkan bahwa melaksanakan kegiatan dan tugas berdasarkan 9 tatanan yang ditetapkan, yakni kehidupan masyarakat sehat dan mandiri, pemukiman da rumah ibadah, paar rakyat sehat, satuan pendidikan, pariwisata sehat, tranportasi dan tatib lalin jalan, perkantoran dan prindustrian, perlindungan sosial.

Untuk saat ini , FBS fokus menangani ODF, yang mana Kabupaten belum tuntas, masih sekitar 20 persesn yang belum mencapai ODF. Sementara itu dari Baznas , Maria Yosephi dn Abu Bakar menyambut baik silaturahmi dan koordinasi, khususnya program Berau Sehat.

Baznas selama ini konsisten dan fokus mengelola, menyalurkan dana zakat yang program pendistribusiannya kepada 8 kriteria asnaf, yakni fakir, miskin, amil, muallaf, Rigab, Garimmin, ibnu Sabil dan fisabilillah. Dan kriteria penerima bantuan di Baznas adalah, mustahik yang tidak mampu untuk bekerja secarap produktif (lansia,cacat ,sakit), atau mustahik yang mampu bekerja tapi tidak memiliki kesempatan, dan bantuan tidak berbentuk dana , dan bantuan bisa jangka panjang atau emergency.

“Untuk bantuan di program Berau Sehat, itu bantuan untuk mustahik yang memerlukan bantuan kesehatan, bisa berbentuk pengobatan atau bantuan ambulance,” jelas Maria.

Mengenai program Berau sehat yang saat ini sedang fokus menuntaskan ODF bersama insntansi terkait , Dinkes, PUPR, Perkim dan lainya. Baznas akan memverifikasi dan membantu sesuai dengan kapasitasnya. (hel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *