“Si Sepat” Sajikan Data Valid Seputar Dinas Perikanan Berau

oleh -403 views
Sekretaris Dinas Perikanan Berau, Yunda Zuliarsih. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Dinas Perikanan Kabupaten Berau terus berinovasi sesuai perkembangan teknologi saat ini, dengan menghadirkan sebuah aplikasi bernama “Si Sepat”. Aplikasi Sistem Informasi Perikanan Terpadu (Sepat) ini memudahkan data pencarian seputar Dinas Perikanan.

Disampaikan Kepala Dinas Perikanan Berau Dahniar Ratnawati melalui Sekretarisnya Yunda Zuliarsih, Si Sepat ini adalah aplikasi yang nantinya memuat semua data perikanan. Mulai dari data program budidaya, penangkapan, pengelolaan, maupun data UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Sei Bedungun dan di tempat pelelangan ikan.

“Aplikasi ini sebelumnya sudah ada dan berjalan selama 3 tahun. Tetapi berupa website dan akun media sosial (medsos) di beberapa platform kekinian. Dengan adanya aplikasi ini, data yang dihadirkan akan lebih lengkap,” jelas Yunda.

Melalui aplikasi ini juga diharapkan dapat memaksimalkan semua program, dan apa saja program yang sudah dilakukan, bagaimana program kedepannya. Pembuatan aplikasi ini merupakan hasil kerjasama dengan pihak ketiga. Dinas Perikanan selama ini bekerjasama tidak hanya dengan stakeholder pemerintah, tetapi juga bermitra bersama Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau Non-Governmental Organization (NGO) baik lokal, nasional, maupun internasional.

“Dan itu sudah kami lakukan sejak tahun 2021 lalu, dimana sampai sekarang kurang lebih ada 17 NGO yang ada di Bumi Batiwakkal. Walaupun kami sudah tidak lagi memiliki kewenangan kelautan, tapi kami masih bermitra dalam hal peningkatan kapasitas sumber daya Manusia (SDM) pelaku ekonomi perikanan, pengelolaan ekosistem mangrove, dan beberapa pelestarian biota laut,” tambahnya.

Untuk saat ini, aplikasi masih terbatas dengan berserver di Dinas Perikanan. Tetapi untuk kedepannya aplikasi juga akan dihadirkan di kecamatan-kecamatan. Ini agar masyarakat bisa mengupdate semua informasi dan data perikanan hingga ke perkampungan dan daerah pesisir. (Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *