Baznas Berau Launching Kantor Digital dan Program Baznas Goes to School

oleh -323 views
Sekda Berau M.Gazali melaunching Kantor Digital Baznas Berau. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Untuk memudahkan masyarakat dalam hal zakat, infaq dan sodaqoh, Baznas Berau menyediakan aplikasi yang bisa diakses dengan satu sentuhan di smartphone, yakni kantor digital, yang resmi dilaunching hari ini, Selasa (27/12) oleh Bupati Berau, diwakili Sekda Berau M.Gazali.

Bentuk dari kantor digital adalah sebuah website, yang memiliki template dan corporate identity yang sama, dengan yang dimiliki oleh Baznas RI. Di dalam website ini akan memiliki ruang untuk sosialisasi dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Baznas daerah.

Tak hanya itu, disediakan juga ruang untuk pembayaran, yang dapat dilakukan langsung oleh muzaki melalui platform website ini. Dari sisi pelayanan kepada mustahik akan disajikan juga form untuk pengajuan secara online.

Dalam laporannya, Ketua Baznas Berau Busransyah menyebut jika adanya kantor digital ini, selain mengikuti perkembangan dimana semua era digital, juga memudahkan Muzaki menyalurkan zakat,infaqnya.

“Karena tidak perlu berinteraksi secara langsung, maka Muzaki bisa menghemat waktu atau lebih efisien. Terlebih, semua transaksi saat ini juga mayoritas dilakukan secara online,” jelas Busransyah.

Tak hanya itu, Baznas Berau juga memperkenalkan program barunya yaitu Baznas Goes to School, yang juga dirangkai dengan bakti sosial berupa khitanan masal kepada 200 anak (santri dan anak-anak sekitar), dan penyerahan bantuan penanggulangan kasus stunting di Kampung Sukan Kecamatan Sambaliung sebesar Rp 100 juta.

Pemberian obat bagi peserta khitan masal, yang juga menjadi rangkaian kegiatan launching Kantor Digital Baznas. (Ria/Dimensinews)

Sekda M.Gazali yang mewakili Bupati Berau dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih, apresiasi, dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran Baznas Kabupaten Berau, atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Tentu ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan insyaallah bermanfaat bagi banyak pihak, khususnya anak-anak. Kegiatan khitanan yang telah dilaksanakan oleh Baznas, di hampir semua kecamatan yang ada, dan pada hari ini akan dikhitan 200 santri dari berbagai pondok pesantren yang ada di Kabupaten Berau, tentunya memberikan kemudahan, sekaligus meringankan beban keluarga. Khitan yang menjadi sebuah kewajiban dan kemuliaan bagi umat Islam, sudah sepatutnya kita dukung agar dapat dijangkau semua kalangan,” jelasnya.

Demikian halnya dengan kasus stunting di Kabupaten Berau, yang terus diupayakan agar dapat ditangani dan dicegah sedini mungkin. Dan dalam hal ini, Baznas Berau ternyata memiliki kepedulian terhadap realitas ini, dimana Baznas ambil bagian sebagai “Bapak Asuh” bagi keluarga dengan anak stunting di Kampung Sukan.

“Hal ini juga selaras dengan komitmen Pemkab Berau, dalam meningkatkan derajat kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat. Pada kesempatan yang berbahagia ini, juga akan dilaunching Kantor Digital Baznas Kabupaten Berau, yang saya harapkan dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan masyarakat, serta penyaluran zakat yang lebih optimal, membantu para mustahik, dan meringankan beban kaum dhuafa,” tambahnya.

Sedangkan untuk program Baznas Goes to School, yang mana program ini pun amat sejalan dengan salah satu misi Pemkab Berau, yaitu meningkatkan kualitas SDM yang cerdas, sejahtera, dan berbudi luhur.

“Kita semua tentu menginginkan lahirnya generasi Qurani, yang dapat mewujudkan daerah ini sebagai daerah yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Saya meyakini, langkah Baznas yang mulai merambah sekolah-sekolah, akan memberikan dampak luar biasa terhadap perikehidupan anak-anak kita,” harapnya.

Diharapkan juga, kegiatan yang dilaksanakan oleh Baznas dapat menginspirasi kelompok, instansi, maupun lembaga lainnya di Kabupaten Berau untuk melakukan hal serupa.

“Namun secara khusus saya berpesan kepada jajaran Baznas Kabupaten Berau, agar kiranya program-program yang ada ini terus dikembangkan kedepan, dengan menjangkau lebih banyak sasaran dari berbagai kampung yang ada di Kabupaten Berau,” tutupnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *