RSUD Baru Dibangun di Eks Inhutani

oleh -268 views

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

RSUD Baru akan dibangun di lahan eks Inhutani seluas 10 hektare. Penetapan ini dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau pada Kamis (29/12/2022). Penetapan lokasi ini juga merupakan tahap awal sebelum dimulainya pembangunan fisik.

Realisasi pembangunan RSUD baru, merupakan salah satu dari 18 program prioritas yakni peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, yang tengah diwujudkan. Pembangunan dapat terlaksana berkat dukungan semua pihak baik antara eksekutif dan legislatif, juga Pemprov Kaltim. Serta mendapat dukungan penuh dari masyarakat Berau.

“Pembangunannya akan segera dimulai. InsyaAllah, tahun depan sudah kita mulai pembangunannya di Jalan Sultan Agung, Kelurahan Sei Bedungun,” jelas Bupati Berau Sri Juniarsih.

Pembangunan RSUD Berau ini akan dilakukan secara berkala atau bertahap. Untuk tahap pertama dimulai pada 2023 dengan anggaran sebesar Rp 288 miliar, kemudian dilanjutkan 2024 dengan anggaran Rp 415 miliar. Dan tahap terakhir di tahun 2025 dengan alokasi anggaran Rp 180 miliar.

Sedangkan untuk ganti rugi tanam tumbuh milik masyarakat sekitar lokasi pembangunan, Pemkab sudah mempersiapkan Rp 6,9 miliar. Namun, untuk di 2022 ini baru merealisasikan sebesar Rp 4 miliar untuk 60 KK. Dan sisanya Rp 2,9 miliar dianggarkan di 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, Taupan Madjid mengatakan, pada awal Januari akan dilakukan lelang pembangunan fisik tahap pertama. Pada saat bersamaan, proses Analisis Mengenai Dampak lingkungan (AMDAL) juga akan berlangsung dan ditargetkan selesai terlebih dahulu.

“Elevasi kawasan rumah sakit dari badan jalan pada awalnya berada di atas ketinggian 15 meter, namun akan dilakukan pemangkasan setengahnya menjadi tujuh meter. Sehingga tidak terlalu menanjak, namun tetap mengikuti kontur kawasan yang ada,” ucap Taupan.

Sedangkan untuk sarana prasarana alat kesehatan (Alkes), Taupan menegaskan itu merupakan kewenangan dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Berau. (Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *