Penerbitan Ijin Perusahaan Sawit Mayoritas di 2022

oleh -298 views
Kepala DPMPTSP Berau, Frendra Firnawam. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Selama 2022, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Berau, menerbitkan surat ijin usaha terbanyak untuk jenis usaha sawit. Tak tanggung-tanggung, bahkan ada yang berinvestasi hingga ratusan juta rupiah dalam bidang usaha tersebut.

“Ada perusahaan sawit yang berinvestasi sampai Rp 450 juta di tahun 2022 kemarin. Tapi secara umum tidak terlalu banyak investasi yang masuk ke Berau, sehingga tidak banyak juga surat ijin yang diterbitkan,” jelas Kepala DPMPTSP Berau, Frendra Firnawam, ditemui Selasa (5/1/2023).

Sedangkan untuk di 2023, dijelaskan Frendra, belum ada arahan khusus target capaian investasi. Namun, semua potensi akan dimaksimalkan agar ketika ada target dapat terpenuhi.

“Kita coba cari strategi yang tepat sehingga target bisa kita capai. Banyak potensi misalnya sektor pariwisata, sawit dan coklat. Ini merupakan program hilirisasi kita,” tambahnya.

Bahkan, Fendra mengakui targetnya bukan hanya investasi sekedar perkebunan coklat saja, melainkan sekaligus dengan pabrik pengolahannya.

Ditanya mengenai ijin usaha tambang, Frendra menyebut jika hal itu bukanlah kewenangan DPMPTSP Berau, tetapi langsung dari pusat. Sehingga, untuk perkembangan usaha tambang kurang terpantau. (Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *