Seleksi CPNS 2023 Tunggu Instruksi Pusat

oleh -361 views
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau, Sri Eka. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Meskipun informasi seleksi CPNS sudah diumumkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), namun untuk di Kabupaten Berau sendiri belum ada arahan apapun.

“Belum ada instruksi maupun regulasi resmi dari pemerintah pusat terkait seleksi CPNS ini. Jadi, untuk persiapan dan lainnya juga belum dilakukan,” jelas Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Berau, Sri Eka, ditemui Selasa (5/1/2023).

Meskipun belum ada instruksi CPNS, namun rekrutmen untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk tenaga kesehatan, pendidikan dan teknis, sudah dibuka sejak akhir 2022 lalu. Dimana untuk prioritasnya yakni Pegawai Tidak Tetap (PTT) atau tenaga honorer.

“Untuk tenaga kesehatan dan pendidikan sudah selesai, dan saat ini menunggu pengumuman dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Tenaga kesehatan yang dibuka sebanyak 806 kuota dan pendidikan sebanyak 795 kuota,” beber Eka.

Tetapi, dari keseluruhan itu, ada kemungkinan formasi tidak terisi semua, bahkan mungkin saja beberapa formasi ada yang tidak lolos. Dan untuk tenaga teknis, pendaftaran masih dibuka hingga 6 Januari. Dilanjutkan tes kompetensinya pada Maret mendatang.

“Formasi yang dibuka memang tidak sebanyak kesehatan dan pendidikan, yakni sebanyak 114 kuota dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD), seperti penyuluh pertanian, perikanan, peternakan dan teknis lainnya,” tambahnya.

Penyusunan kebutuhan tersebut telah melalui proses panjang. Sebelumnya pihaknya bersurat kepada semua OPD untuk mengajukan kebutuhan mereka. Metode yang digunakan yakni sistem rekrutmen kompetensi.

“Setelah para peserta lulus seleksi administrasi, mereka langsung mengikuti tes seleksi kompetensi bidang (SKB). Tidak ada seleksi kompetensi dasar (SKD) lagi. Berbeda dengan tenaga pendidikan yang menggunakan metode observasi,” tutupnya. (Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *