Lewat Masa Layak, Peralatan BPBD Harus DiPerbarui

oleh -250 views
Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Banyaknya fasilitas peralatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau yang sudah tidak layak, seharusnya mendapatkan perhatian khusus dan segera dilakukan peremajaan. Hal ini diungkapkan Anggota Komisi I DPRD Berau, Falentinus Keo Meo, ditemui Kamis (12/1/2023).

“Peralatan ini merupakan faktor paling penting yang harus menjadi prioritas. Walaupun petugas BPBD bergerak cepat namun peralatan kurang mendukung, maka pelayanan yang diberikan juga akan ikut terhambat,” terang Falentinus.

Yang sangat perlu diperhatikan khususnya adalah peralatan penanganan bencana, yang sering terjadi di Kabupaten Berau seperti peralatan pemadam kebakaran, yakni mobil pemadam truk tangki air, mobil rescue, dan perlengkapan pendukung lainnya.

“Alat-alat seperti itu kan memang harus dilakukan pemeliharaan secara berkala, karena dipakai bukan hanya sekali dua kali. Apalagi untuk mobil pemadam dan perlengkapannya, yang distandbykan di dalam kota untuk kebakaran daerah pemukiman, yang membutuhkan respon cepat,” tambahnya.

Dirinya pun meminta kepada BPBD Berau, agar bisa mengkoordinasikan jika mendapat kendala khususnya untuk anggaran pemeliharaan. Karena meskipun keuangan daerah terbatas, namun untuk hal-hal bersifat urgent maka harus didahulukan.

“Apapun itu, kalau menyangkut pelayanan ke masyarakat dan sangat dibutuhkan, maka Pemerintah Kabupaten Berau akan memberikan perhatian lebih. Dan DPRD sendiri melalui badan anggaran (banggar) juga akan mengupayakan agar kebutuhan anggaran itu bisa terpenuhi,” tegas politisi Partai Demokrat ini.

Sedangkan untuk usulan unit perlengkapan baru, harus dibuat skala prioritas terlebih dahulu, dengan mendengarkan juga masukan-masukan dari keseluruhan anggota DPRD Berau.

“Belum tahu apakah masuk dalam APBD tahun anggaran 2023. Tapi kalau sudah masuk dalam pembahasan banggar, maka seharusnya sudah masuk prioritas,” tutupnya. (Ria/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *