15 Ton Biji Kakao Fermentasi Diekspor ke Amerika Serikat

oleh -274 views
Bupati Berau lepas ekspor 15 ton biji kakao fermentasi. (Ist)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

15 ton biji kakao fermentasi hasil dari 3 kampung di Berau (Suaran, Kayu Indah dan Gunung Tabur) diekspor ke Amerika Serikat. Tak hanya itu, negara lain pun menjadi tujuan ekspor selanjutnya. Ini membuktikan jika kakao petani Berau telah diakui kualitasnya.

“Ini pertama kalinya untuk Kabupaten Berau. Selanjutnya, peluang-peluang lain harus kita tangkap karena kakao ini menjadi kebutuhan dunia. Apalagi kakao Berau memiliki keunikan rasa yang tentunya tidak dimiliki di daerah lain,” terang Bupati Berau Sri Juniarsih, saat melepas ekspor biji kakao di halaman Kantor Bupati, Senin (16/1/2023).

Dalam kesempatan itu, juga hadir Wakil Bupati Berau Gamalis, Ketua Dewan Kakao Nasional Sutanto, Kepala OPD, Camat Teluk Bayur, dan para NGO Pendamping Kakao.

Pemkab Berau juga terus mendukung dan memotivasi kepada para petani yang ada di Kabupaten Berau, untuk semangat menanam kakao. Karena ini menjadi kesempatan bagi daerah, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat maupun pendapatan daerah.

“Sudah ada juga permintaan 200 ton dari Italia, tapi kita belum bisa memenuhi permintaan tersebut. Semoga kedepannya kita bisa mengekspornya. Karena lahan kita juga cukup luas, jadi potensi kakao perlu dikembangkan,” tambahnya.

Tercatat, Berau saat ini memiliki luasan sekitar 2000 Ha untuk lahan kakao. Dalam 1 Ha dapat memanen 1 ton kakao kering. Dengan support alat pertanian dan edukasi petani, maka komoditi kakao ini bisa lebih berkembang di Berau. (Ria)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *