Kasus Asusila Masih Tinggi, Pengawasan Anak Harus Ditingkatkan

oleh -272 views
Ketua Komisi I DPRD Berau, Feri Kombong. (Dok)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Tahun 2023 yang diawali dengan adanya kejahatan asusila anak dibawah umur, haruslah mendapat perhatian penting. Komisi I DPRD Berau meminta orang tua khususnya, bisa meningkatkan pengawasan terhadap buah hatinya.

“Apalagi di 2022 lalu angka kejahatan asusila juga tinggi, maka kita harus lebih waspada. Terlebih mayoritas pelaku kejahatannya merupakan orang dekat atau orang yang kenal dengan korban, dan berasal dari lingkungan yang sama,” terang Ketua Komisi I DPRD Berau, Feri Kombong, ditemui beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, untuk meminimalisir terjadinya kejahatan asusila ini, maka perhatian orang tua kepada anak harus ekstra. Orang tua harus mengetahui bagaimana dan dengan siapa anak mereka bergaul.

“Yang sangat berperan adalah keluarga. Karena waktu anak saat di rumah lebih banyak dari di sekolah, itu makanya peranan keluarga khususnya ortu sangat penentu dalam membimbing dan mengawasi anak-anaknya,” tegas Feri.

Berdasarkan data Polres Berau tahun lalu, perkara tindak asusila yang ditangani mencapai 37 kasus. Namun angka itu hanya untuk kasus terlapor. Sedangkan untuk kasus tidak terlapor atau tidak sampai ke pihak berwajib, atau diselesaikan secara kekeluargaan saja, juga cukup banyak. (Ria/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *