Mala Bantu Rumah Batik di Rinding Teluk Bayur

oleh -209 views
Sri Kumalasari (jilbab pink) pada Musrenbang kelurahan Rinding. (ist)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS-

Sri Kumalasari anggota komisi II DPRD Berau memberikan dukungan penuh kepada Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Rinding. Bantuan penuh secara pribadi ini berupa peralatan membatik agar bisa digunakan untuk memproduksi batik Berau.

Ini terungkap dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang )tingkat Kelurahan Rinding pada Rabu (24/1/2023) lalu, dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah Kabupaten Berau.

Yang mana dipaparkan dalam musrenbang yang dipimpin Misrin Lurah Rinding, bahwa sebelumnya ibu ibu PKK Kelurahan Rinding sudah pernah diberikan pelatihan membatik. Setelah itu, perusahaan tidak memberikan peralatan membatik. Sementara kelurahan Rinding juga tidak memiliki anggaran untuk pengadaan alat tersebut.

“Jika menunggu anggaran yang akan terealisasi pada anggaran 2024 mendatang terlalu lama, sehingga nya saya ungkapkan dalam musrenbang Kelurahan Rinding, bahwa saya akan memberikan bantuan peralatan membatik untuk ibu PKK Rinding,” ungkap Mala panggilan akrabnya.

Disebutkan, Insya Allah secepatnya alat membatik tersebut didatangkan ke Kabupaten Berau, dan dengan adanya alat ini, Mala berharap rumah batik berdiri di Kelurahan Rinding Teluk Bayur.

Mengenai berdirinya rumah Batik Rinding , sebut Mala adalah sudah menjadi wadah atau kebutuhan untuk mendongkrak wanita berkarya, dengan memproduksi batik. Karena sama ini, Batik daerah dibutuhkan oleh Pemkab Berau, BUMD, bahkan kerap menjadi cinderamata ketika datang ke Berau ataupun masyarakat Berau yang bertolak ke luar daerah.

Batik Berau menjadi salah satu pilihan souvenir untuk diberikan kepada tamu tamu.
Bahkan, saat ini Batik Berau sudah dijadikan ajang perhelatan mode di Kabupaten Berau, maka dengan sangat dibutuhkan bertambahnya rumah produksi batik dan bersaing dengan rumah batik yang ada di Kabupaten Berau. ( hel/adv )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *