Pembebasan Lahan Bakal TPA Tanjung Batu Harus Segera

oleh -234 views
Ketua Komisi III DPRD Berau, H.Saga'. (Ria/Dimensinews)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Permasalahan pembebasan lahan bakal lokasi tempat pembuangan akhir (TPA) di Tanjung Batu, harus segera diselesaikan. Selain terus bertambahnya volume sampah, lokasi yang saat ini digunakan sebagai TPA sementara, berdekatan dengan hutan mangrove.

“Saya ada mengusulkan pembebasan lahan ini kepada Dinas Pertanahan, agar dapat terealisasi di 2023 ini. Tapi mungkin ada program yang lebih dianggap prioritas sehingga masalah ini tertunda,” terang Ketua Komisi III DPRD Berau, Saga’, Jumat (27/1/2023).

Ditegaskannya, penangan sampah di Tanjung Batu yang merupakan destinasi wisata dan pelabuhan penyeberangan ke objek wisata Pulau Derawan, sudah seharusnya menjadi perhatian khusus. Karena kebersihan dan kenyamanan wisatawan juga menjadi salah satu faktor meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan.

“Bila terjadi sampah berserakan maka akan berdampak negatif lebih besar. Misalnya, selain merusak keindahan juga menimbulkan bau yang kurang sedap. Kalau sudah begitu, maka wisatawan yang datang akan berpikir berulang kali untuk datang kembali ke Berau,” tambahnya.

Karena lahan pembangunan TPA juga sudah siap, maka pembayarannya pun harus segera dan tentunya tidak merugikan masyarakat. Apalagi TPA ini nantinya juga dipergunakan untuk menampung sampah dari Pulau Derawan. (Ria/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *