Sudah Diatur Perda, Batik Khas Berau Harus Digunakan

oleh -349 views
Salah satu rumah produksi batik Berau di Kampung Maluang. (Ist)

TANJUNG REDEB.DIMENSINEWS –

Batik Berau yang sudah dikenal hingga internasional, juga harus diapresiasi oleh daerah Berau sendiri. Salah satunya yakni dengan penggunaan batik sebagai salah satu seragam pegawai maupun anak sekolah.

“Kan itu juga sudah ada Peraturan Daerah (Perda) yang dibuat, terkait dengan Perlindungan Bahasa dan Budaya Berau, termasuk di dalamnya batik. Dan Perda kita itu sudah ada mengatur bahwa setiap satu minggu sekali wajib memakai baju batik Berau,” terang salah satu anggota Komisi II DPRD Berau, Elita Herlina, ditemui Jumat (27/1/2023).

Dijelaskan Elita, sebagai masyarakat atau warga yang tinggal di Berau, memang sudah seharusnya ikut mengembangkan potensi yang ada termasuk batik. Namun sayangnya, hingga kini belum ada peraturan Bupati (Perbup) yang memperkuat Perda penggunaan batik Berau.

“Meskipun dari Perbupnya belum ada, DPRD Berau akan terus mendorong kemajuan batik. Apalagi, hal ini sebagai salah satu bentuk mitra kerja Komisi II DPRD. Dan untuk SDM atau pengrajin batiknya, bisa lebih berkreasi, menghasilkan motif dan corak baru sesuai perkembangan zaman. Namun tidak meninggalkan motif khas Berau yang sudah ada,” tutupnya. (Ria/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *